Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Degreening Pada Buah

Degreening adalah teknologi dalam pertanian untuk mempercepat kematangan pada buah dengan tetap mempertahankan sifat alami dan kimia di dalamnya. Buah yang dimatangkan dengan teknologi degreening akan memiliki kualitas lebih baik di bandingkan dengan cara konvensional seperti pemberian karbit atau hormon ethylen secara biasa. 

Umumnya buah yang matang karena proses degreening memiliki kulit buah yang bagus, tidak kusut, kulit buah segar, masa simpan yang lebih lama dan kadar air tetap terjaga. Sehingga kualitas buah tetap baik beserta kandungan nutrisinya. 

Degreening Pada Buah

Cara kerja degreening adalah dengan mendinginkan buah pada tingkat suhu tertentu untuk mecegah dan mengurangi efek respirasi atau penguapan, kemudian dimasukkannya gas ethylen untuk mempercapat proses pematangan. 

Sedangkan cara konvensional seperti pemberian karbit untuk mempercepat pematangan buah mengandalkan proses respirasi yang ditingkankan dengan sehingga kadar air dalam buah berkurang, akibatnya berpengaruh pada kwalitas buah, kulit buah jadi kusut dan keriput.

Mesin/alat degreening yang praktis sudah ada, sahabat bisa membeli produk ini dengan kisaran harga 8 jta hingga 30 juta tergantung spesifikasinya. Demikian penjelasan tentang degreening pada buah, semoga memberikan manfaat untuk sahabat.