Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Rumput Vetiver / Akar Wangi

Bagaimana cara menanam rumput akar wangi atau vetiver yang benar agar menghasilkan tanaman sehat dan bisa untuk pembibitan sekaligus memperbanyak untuk dijual lagi sebagai peluang bisnis. Selain itu tanaman ini juga dapat sebagai pencegahan tanah longsor jangka pendek untuk tebing dan lokasi yang rawan terjadinya longsor. 

Alasan mengapa tanaman ini bisa mencegah tanaman longsor adalah karena memiliki perakaran serabut yang dalam untuk mencengkram tanah yang rawan terbawa air, dan baru-baru ini pemerintah sudah menginstruksikan pada pejabat terkait untuk menanam tanaman vetiver ini di lokasi yang rawan longsor seperti tebing jalan yang gundul dan pinggir sungai. Pertanyaannya bagaimana cara menanam tanaman serta memperbanyak tanaman vetiver ini ? Berikut ini panduan yang bisa Sahabat lakukan. 

Alat dan Bahan 
  1. Polybag
  2. Tali rafia
  3. Cangkul
  4. Gunting 
  5. Ember 
  6. Air
  7. Kompos/Humus
  8. Tanaman vetiver/akar wangi
  9. Lahan untuk menanam
Langkah-Langkah Cara Menanam Vetiver
1. Lahan yang sudah disiapkan diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkul dan dicampur kompos atau humus untuk menambah kesuburan tanah. Bentuk lahan seperti bedengan/gundukan tanah tetapi jangan terlalu tinggi selain itu usahakan untuk lokasi lahan yang digunakan dekat dengan sumber air.

2.  Gunakan tali rafia untuk membuat garis lurus dengan menggunakan bambu agar proses penanaman vetiver menjadi rapi dan lurus

3. Tanaman vetiver digunting bagian atas sehingga menyisakan 10-20 cm dari perakaran dan gunting beberapa bagian daun yang tau dan busuk, apabila tanaman vetiver memiliki banyak batang maka pisahlah batang yang lain sehingga menyisakan tiga batang. 

4. Gunakan ember untuk mengisi air, air digunakan untuk membersihkan vetiver dari kotoran yang menempel pada tanaman. 

5. Tanam tanaman vetiver pada lahan menggunakan cangkul kecil atau kayu pada lahan yang telah disiapkan dengan jarak 30 cm per tanaman. Siram tanaman secara cukup 1 kali sehari selama 2 minggu dan setelah tumbuh maka tidak perlu di siram lagi karena tanaman sudah bisa mencari air sendiri. 

Jika niat sahabat untuk memperbanyak tanaman vetiver maka sahabat bisa memanen tanaman setelah rumpun banyak, biasanya 2 bulan sudah bisa dipanen untuk dipecah atau dipisah. Lalu lakukan lagi sampai jumlah tanaman sudah cukup banyak. 

Dokumentasi : 
Cara Menanam Rumput Vetiver / Akar Wangi

Keterangan Gambar A: Memangkas atau memotong tanaman vetiver, B : Membuat lubang tanam menggunakan bambu, C: Menanam tanaman vetiver menggunakan tali sebagai acuan, D: Menanam vetiver pada lubang menggunakan tanah.