Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik

Jawabannya adalah karena dengan menghemat energi listrik kita ikut serta melestarikan lingkungan sebab saat ini untuk memenuhi kebutuhan listrik mayoritas pembangkit listrik menggunakan bahan bakar batu bara dan minyak bumi.

Apabila listrik yang digunakan semakin banyak, maka semakin besar pula kebutuhan bahan bakar batu bara dan minyak bumi untuk mencukupi kebutuhan listrik. Selain itu dengan kita menghemat listrik kita juga akan menghemat uang untuk membayar tagihan listrik PLN.

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik

Batu bara dan minyak bumi diperoleh dengan cara melakukan penambangan di alam, baik di daratan maupun di lautan, proses penambangan ini mengakibatkan lingkungan rusak dan gas sisa pembakaran juga dapat mecemari udara dan lingkungan.

Selain itu ketersediaan batu bara dan minyak bumi terbatas sehingga suatu saat nanti akan habis, jika kita menggunakan batu bara dan minyak bumi secara boros maka semakin cepat juga batu bara dan minyak bumi habis di alam.

Terus kalau batu bara dan minyak bumi habis, kita akan kekurangan pasokan energi listrik dan bahan bakar minyak. Nah agar sumber energi kita tidak cepat habis, salah satu caranya dengan menghema penggunaan energi listrik sambil mencari energi pengganti yang dapat diperbaharui/terbarukan.

Kesimpulan
Kita harus menghemat energi listrik agar sumber energi kita tidak cepat habis, kita juga bisa menghemat uang untuk membayar tagihan listrik, selain itu dampak positif dari penghematan energi listrik adalah untuk menjaga alam tetap lestari.