Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Sandang, Pangan, Komunikasi dan Transportasi

Manusia selalu melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah mengembangkan teknologi diberbagai bidang, seperti teknologi pangan, sandang, komunikasi dan transportasi. Berikut ini pembahasannya : 

Perkembangan teknologi Pangan
Teknologi pangan adalah imu pengetahuan yang digunakan untuk mengelolah bahan pangan, perkembangan teknologi pangan yang sangat canggih memberikan kemajuan pada pengolahan pangan menjadi makanan yang baru. 

Contohnya pangan yang dikelola secara konvensioanl dapat mudah sekali basi dengan teknologi pangan dapat diperpanjang umur simpannya, seperti susu sapi murni, rendang, sarden dan lain sebagainya. 

Teknologi pangan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dulu orang harus mengkonsumsi makanan yang banyak agar kebutuhkan gizinya tercukupi, saat ini sudah ada suplemen yang berukuran kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia (makanan fungsional). 

Perkembangan Teknologi Sandang
Pada awalnya kain diolah dengan mesin tradisional yang digrakkan dengan tangan atau hewan, dengan perkembangan teknologi saat ini sudah ada mesin pintal, tenun dan yang digerakkan oleh mesin. 

Teknologi ini memungkinkan pembuatan kain dan pakaian lebih cepat, lebih bagus, dan lebih banyak jika dibandingkan dengan penggunaan mesin tradisional. 

Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi adalah alat untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, dulu untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh menggunakan surat, cara ini membutuhkan waktu yang lama agar pesan itu dapat diterima oleh orang yang dituju. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi yang modern, kirim pesan dapat dilakukan secara digital dan instan (langsung sampai kepada orang yang dituju) contohnya, telephon, email, video call, SMS dan lain sebagainya. 

Perkembangan Tekonologi Transportasi 
Transportasi adalah sarana perhubungan ( menghubungkan antar wilayah) atau alat yang digunakan untuk memindahkan benda atau orang ke tempat yang lain. Dulu alat transportasi memiliki banyak keterbatasan seperti daya angkut dan kecepatan. Dengan adanya perkembangan teknologi transportasi, saat ini alat transportasi dapat mengangkut barang dan orang dengan daya yang besar serta kecepatan yang sangat kencang. 

Demikian pembahasan tentang teknologi sandang, pangan, komunikasi dan transportasi, semoga bermanfaat. untuk pembaca.