Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sumber Pencemaran Udara Dalam Ruangan

Pencemaran udara tidak hanya berada di luar ruangan saja, tetapi juga ada dalam ruangan, Apa saja sumber pencemaran udara dalam ruangan? Berdasarkan sumbernya, ada 6 kelompok sumber polusi udara dalam ruangan, yaitu (Kusnoputranto, 2002): 

Sumber pencemaran udara dalam ruangan
  1. Perabotan rumah tangga  yang mengeluarkan gas/bau seperti busa, karpet, pelapis dinding, furniture dan lain sebagainya. 
  2. Pembakaran bahan bakar dalam ruangan seperti kompor yang digunakan untuk memasak dan pemanas ruangan menghasilkan nitrogen oksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, hidrokarbon, partikulat).
  3. Gas-gas toksik yang terlepas ke dalam ruangan yang berasal dari dalam tanah (radon) 
  4. Produk konsumsi ruangan contohnya pengkilap kaca dan perabotan, perekat, kosmetik,  insektisida racun serangga dan lain-lain. 
  5. Asap tembakau 
  6. Mikroorganisme 
Berdasarkan hasil pemeriksaan The National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH) 5 Sumber Pencemaran Udara Dalam Ruangan (Aditama, 2002) :

  1. Alat-alat di dalam ruangan seperti asap rokok, pestisida, bahan-bahan pembersih ruangan. 
  2. Pencemaran dari di luar ruangan seperti masuknya gas buang kendaraan bermotor, gas dari cerobong asap atau dapur yang terletak di dekat gedung akibat penempatan lubang udara yang tidak tepat. 
  3. Pencemaran dari bahan bangunan seperti pencemaran formaldehid, lem, asbes, fibreglass dan bahan lainnya.
  4. Pencemaran dari mikroba seperti bakteri, jamur, protozoa dan mikroba lainnya yang dapat ditemukan di saluran udara dan alat pendingin beserta seluruh sistemnya. 
  5. Pencemaran akibat ventilasi udara karena kurangnya udara segar yang masuk dan buruknya distribusi udara serta kurangnya perawatan sistem ventilasi udara.