Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Resi JNE Asli Dan Palsu Agar Tidak Tertipu

Belanja online pastinya akan mendapatkan no resi pengiriman dari kurir, salah satunya adalah resi JNE. Agar kita terhindar dari penipuan ada baiknya mengetahui perbedaan resi JNE asli dan palsu yang dikirimkan penjual melalui chat sosial media, karena banyak kasus orang tertipu karena resi palsu yang di kirim oleh penipu.

Contoh resi Jne Asli
Contoh Resi JNE dengan nomor resi di bawah barcode

Jangan sampai ada kasus seperti ini lagi, oleh sebab itu saya akan berbagi tips membedakan resi JNE palsu dan yang asli : 

Resi Asli 
Umumnya ciri-ciri resi asli adalah foto yang dikirim melalui chat oleh penjual memiliki resolusi yang bagus dan tidak blur sehingga bisa dilihat dengan jelas nomor resinya dan tujuan pengiriman barang. 

Untuk mengecek ke aslian resi adalah dengan mengeceknya langsung di situs www.jne.co.id masukkanlah nomor resi di bagian tracking maka kita akan bisa melihat informasi pengirim dan penerima yang sesuai dengan nomor resinya. Apabila nama pengirim dan penerima sesuai maka bisa dipastikan bahwa resi itu asli. 

Resi Palsu 
Sedangkan resi palsu biasanya foto yang dikirim penipu blur, ada bekas editan yang kurang rapi dan terkesan buru-buru untuk melakukan transaksi pembayaran. Namun untuk memastikan apakah resi itu benar-benar asli atau palsu maka kita harus mengeceknya secara langsung seperti cara di atas. 

Baca Juga : Perbedaan Resi Otomatis dan Manual

Owh iya informasi tambahan, jenis kertas resi JNE ada dua ya, ada yang kerta hvs dan ada juga yang berupa kertas stiker (umumnya ukurannya kecil). Buat yang belum tau, letak nomor resi itu ada di bawah barkode ya dan umumnya terdiri dari angka. Semoga bermanfaat.