Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Resi Otomatis dan Manual

Dulajar- Apa sih perbedaan resi otomatis dan manual saat berbelanja online shop, admin mengetahui perbedaan resi ini saat menjadi penjual online dan sering melakukan pengiriman. Baik langsung saja pada intinya.

perbedaan resi otomatis dan manual
Contoh nomor resi jne manual terdiri dari angka saja


Resi manual biasanya diperoleh dari pengirim yang langsung datang ke konter kurir dan umumnya penjual via media sosial, bukan dari marketplace. Jadi nomor resi akan ada setelah paket sudah didaftarkan oleh petugas dan secara otomatis langsung bisa kita tracking (lacak paket). 

Sedangkan resi otomatis diperolah dari pembelian dimarketplace dan biasanya marketplace sudah bekerja sama dengan pihak kurir. Admin pertama kali tau resi otomatis saat berjualan di shopee menggunakan kurir J&T. 

Jadi gini sahabat, resi otomatis itu muncul ketika ada pesanan dari konsumen di shopee (mungkin juga berlaku di marketplace lain seperti tokopedia, bukalapak dll). Pihak penjual memiliki opsi untuk menentukan mau pakai resi otomatis atau yang manual, kalau memilih resi otomatis maka akan langsung muncul nomor resinya di aplikasi konsumen namun status pengiriman tetap dikemas dan akan berubah status kirim ketika paket sudah diinput oleh petugas kurirnya. 

Jadi kalau nomor resi gak bisa di lacak pada resi otomatis berarti paket belum di serahkan ke kurir atau belum di jemput oleh kurirnya. Kalau penjual memilih resi manual maka harus mengantar paket dulu ke kurir baru mendapatkan nomor resi.

Perbedaan Singkat Resi Otomatis dan Manual
  • Resi manual : Nomor resi langsung bisa di lacak/tracking karena nomor resi manual akan muncul saat didaftarkan oleh pengirim. 
  • Resi otomatis : Nomor resi tidak bisa langsung di lacak apabila status masih dikemas pada aplikasi marketplace. Jadi menunggu sampai paket dijemput atau diantar ke kurir baru bisa kita lacak. 
Selain itu perbedaan lain nomor resi manual dan otomatis yaitu dari nomornya, biasanya kalau resi manual itu awalan resi terdiri dari huruf yang selanjutnya diikuti angka, misal JP0987766xxx sedangkan pada resi otomatis biasanya hanya terdiri dari angka saja, namun saat ini banyak nomor resi manual yang hanya terdiri dari angka saja.

Lebih cepat sampai mana antara resi manual dan otomatis?
Sama cepatnya kok, asal waktu diterima kurir bersamaan. Namun kasus yang sering terjadi di marketplace itu ketika pesanan banyak, biasanya paket akan diterima kurir beberapa hari kemudian karena antrian panjang, jadi ya harap maklum. Demikian informasi resi otomatis dan manual, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.