Cara Membatalkan Pesanan Go food Yang Tidak Bisa Dibatalkan
Membatalkan pesanan Go Food tidak bisa kita lakukan secara langsung karena tombol batal menjadi tidak aktif saat kita order di resto yang berlogo Super Partner. Alasannya adalah karena resto super partner ketika mendapatkan orderan di beri jeda waktu untuk membuatkan makanan sebelum dicarikan driver.
Setelah sistem memprediksi bahwa masakan akan segera selesai maka sistem akan mencarikan driver gojek terdekat dari resto agar ketika driver sampai di resto pesanan konsumen sudah selesai dan langsung diantar ke alamat pemesan.
Fitur ini akan sangat menolong driver untuk efisiensi waktu sehingga tidak perlu menunggu lama di resto, serta membantu resto mencegah pemesan membatalkan order secara sepihak sedangkan pesanan sudah dibuatkan. Namun ada saja kejadian yang mengharuskan untuk membatalkan orderan go food karena beberapa alasan kuat.
Cara Membatalkan Pesanan Go Food Karena Resto Tutup
Pesan Go Food Bisa di Batalkan |
Sebagian customer go food ada yang mengalami kejadian ini, sudah order food di aplikasi gojek, sudah dapat driver namun setelah beberapa saat driver sampai di resto menyampaikan bahwa restonya tutup, kemudian mau cancel pesanan ternyata tombol batalkan sudah tidak aktif.
Dari pihak driver pun tidak bisa membatalkan secara langsung, tombol batalkan di aplikasi driver juga tidak aktif. Ada beberapa opsi pembatalan yang bisa dilakukan oleh driver.
Driver Jangan Menggeser Tombol “Sudah Di Resto”
Pembatalan secara sistem akan terjadi jika driver tidak kunjung sampai di resto, sistem memberi batasan maksimal 15 menit tidak menggeser sudah sampai di resto maka secara otomatis pembatalan sistem, dan sistem akan mencari driver lain untuk mengambil pesanan ini.
Cara ini tidak dilakukan oleh driver karena pastinya akan terkena driver lain dan performa di aplikasi driver akan berkurang. Selain itu cara ini tidak membatalkan pesanan konsumen di resto.
Driver Menelpon Ke Resto Untuk Membatalkan Pesanan
Biasanya jika driver menjumpai resto tutup saat mengambil pesanan, langkah pertama akan menginformasikan pada customer bahwa resto tutup, kemudian driver menghubungi telepon resto untuk mengkonfirmasi apakah resto beneran tutup, dan jika resto benar tutup maka driver akan meminta resto tersebut untuk membatalkan pesanan dari Customer.
Karena yang bisa membatalkan pesanan go food super partner adalah resto yang menerima pesanan. Namun masalahnya kadang resto tidak bisa dihubungi dan saat ditelepon oleh driver tidak diangkat.
Customer atau Driver Menelpon CS Kantor Gojek
Ketika resto dihubungi tidak bisa, langkah terakhir adalah menelpon CS kantor gojek untuk meminta bantuan pembatalan pesanan. Untuk menghubungi CS gojek bisa melalui tombol bantuan, kalau driver pas ada pulsa atau paket telepon maka akan menelpon CS gojek, namun jika tidak ada pulsa biasanya mengirim email ke CS Gojek, sayangnya cara ini mendapatkan respon agak lama.
Cara Membatalkan Pesanan Go Food Karena Menu Yang Dipesan Habis
Ada kasus lain yang menyebabkan customer ingin membatalkan pesanan go food, yaitu karena menu yang dipesan ada yang kosong /habis. Biasanya saat resto menerima pesanan, pihak resto akan menghubungi customer yang memesan dan menyampaikan bahwa ada pesanan yang kosong.
Ada kalanya juga resto tidak ada pulsa sehingga meminta bantuan driver untuk menyampaikan pesan ke customer bahwa ada pesanan yang kosong. Pilihan pada kondisi ini ada dua, pertama customer mau mengganti pesanan yang lain dengan harga yang sama atau customer ingin membatalkan pesanan.
Jika sahabat tidak bersedia diganti dengan menu yang lain dengan harga yang sama, bisa memilih opsi membatalkan, bilang saja ke resto bahwa ingin membatalkan pesanannya saja.
Namun jika resto tidak bersedia membatalkan pesanan karena sebagian menunya sudah dibuat, opsi terakhir adalah menghubungi CS kantor gojek untuk membatalkan pesanan. Sahabat tidak perlu khawatir karena ini kesalahan resto tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu dan tidak mengosongkan menu yang habis di aplikasi. Hanya saja kasihan drivernya tidak jadi dapat pesanan dan rugi bensin serta waktu karena sudah berangkat ke resto.
Cara Menghubungi Customer Service Gojek Untuk Bantuan
Adapun Customer Service Gojek bisa di hubungi melalui nomer telepon dan email : Email ke customerservice@gojek.com. Telepon ke +6221-5094-1000. Ingat kalau menggunakan telepon maka siapkan pulsa atau paket telpon all operator agar murah. Sebenarnya sahabat juga bisa menekan tombol bantuan di halaman order go food. Demikian sahabat, semoga bermanfaat.