Paket Shopee Express Belum Diterima Tapi Status Sudah Diterima
Pernah ada kasus di Shopee Express paket sudah status delivered atau terkirim namun paket belum diterima oleh orang yang seharusnya, kasus ini juga pernah saya alami namun di perusahaan kurir yang berbeda yang menyebabkan saya harus menghubungi kantor agen terdekat dan customer service yang pada akhirnya paket saya berhasil ditemukan karena terselip diantara banyak paket lainnya. Jika hal ini terjadi pada Sahabat, apa yang harus sahabat lakukan untuk menyelesaikan kendala ini?
Ini adalah contoh resi shopee express yang statusnya delivered /terkirim |
Faktor-Faktor Penyebab Paket Status Terkirim Tapi Kita Belum Menerima Paketnya
Ada beberapa faktor yang menyebabkan paket berstatus delivered atau terkirim namun kita belum menerima paketnya, bisa karena faktor kurir atau eror pada sistem yang ada pada perusahaan kurir. Saran saya ketika sahabat mengalami masalah ini jangan panik dan berpikirlah secara tenang. Biasanya orang yang baru pertama membeli secara online akan panik dan bingung.
Karena Kesalahan Input Data Pada Aplikasi Kurir
Kasus ini terjadi saat kurir baru belum memiliki aplikasi untuk validasi paket terkirim melakukan pengirim paket ke pada konsumen, saat mengantarkan paket kurir baru tidak menemukan alamat penerima dan nomor HP yang terdapat di paket tidak bisa di hubungi sehingga paket kembali di bawah pulang ke kantor, namun saat di kantor ada miss komunikasi dengan atasan sehingga yang seharusnya status paket tidak terkirim menjadi terkirim/delivered.
Jika kasus ini terjadi biasanya akan diantar kembali ke penerima ke esokan harinya, jadi ketika Sahabat mengalami hal ini, mohon untuk menunggu 1x 24 jam untuk memberikan kesempatan kepada kurir ekspedisi untuk mencoba mengirimkan kembali paket sahabat ke alamat.
Kurir Kejar Target Untuk Menghindari Denda
Kejadian ini cukup sering di alami di banyak perusahaan kurir, jadi kurir membawa banyak paket namun sudah terlanjur ke malaman dan tidak sempat menghabiskan semua paket yang di bawa, sedangkan jika di kirim besok maka terkena denda oleh atasannya. Ini membuat kurir terpaksa membuat laporan di aplikasi kurir bahwa paket tersebut telah terkirim.
Jadi ada beberapa paket yang memiliki dead line pengiriman harus sampai pada waktu yang sudah ditentukan, jika tidak terkirim maka akan ada denda. Memang seharusnya pihak kurir menginformasikan hal ini terlebih dahulu melalui nomer hp yang tertera di paket, agar tidak salah komunikasi kepada konsumen.
Kurir Dalam Perjalanan Ke Alamat, Namun Sudah Berstatus Terkirim
Ada juga kasus kurir ketika menuju alamat pengiriman masih dalam proses penataan di kantor gudang paket sudah berstatus terkirim, padahal ya kurir masih dalam perjalanan. Umumnya kejadian ini terjadi di pagi hari dan admin pun mengalami kejadian ini.
Jika ini terjadi di pagi hari, sebaiknya sahabat tunggu sampai sore hari atau malam hari, karena bisa jadi kurir sedang menuju alamat sahabat dan mengirim paket ke alamat penerima. Harusnya pihak kurir tidak menyelesaikan pengiriman di aplikasi sampai benar-benar paket telah dikirim ke alamat penerima.
Kurir Mengirim Paket Ke Alamat Yang Salah
Hal ini terjadi bisa karena dua sebab, pertama karena kesalahan kurir dalam membaca alamat yang tertera di paket sehingga penerima paket adalah orang yang salah. kedua bisa juga terjadi ketika alamat yang tertera di paket memang salah, biasanya karena pemesan paket terburu-buru sehingga penulisan alamat salah.
Untuk menghindari hal ini terjadi, saat ini banyak perusahaan ekspedisi mewajibkan kurir untuk memfoto saat paket diterima oleh penerima paket. Namun ada saja yang lolos karena ada penerima palsu yang mengaku bersangkutan atau karena kurir meletakkan paket di teras rumah.
Ada Orang Yang Mengambil Paket Langsung Ke Kantor
Kasus ini jarang terjadi untuk saat ini karena protokol pengambilan paket di kantor atau gudang ekspedisi harus orang yang bersangkutan, dengan melampirkan bukti kepemilikan paket, bahkan pemilik langsung kadang ditolak untuk mengambil paketnya langsung di kantor ekspedisi, dan disuruh menunggu di rumah karena akan segera di antar ke alamat.
Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejadian pencurian barang kiriman yang cukup sering terjadi beberapa tahun yang lalu. Oleh sebab itu untuk kasus orang yang mengambil paket di kantor ekspedisi saat ini jarang terjadi.
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Paket Kita Statusnya Telah Terkirim Namun Belum Diterima?
Hal pertama jangan panik dan tunggu maksimal 24 jam setelah status paket telah terkirim/delivered saat cek resi. Jika sudah ditunggu 24 jam namun paket tak kunjung datang, langkah pertama datang langsung ke kantor Agen Shopee Express, setelah itu tanyakan kepada petugas yang berjaga di kantor agen perihal paket sahabat yang belum sampai.
Cara mengetahui alamat kantor agen shopee express terdekat bisa cek di website resminya di https://spx.co.id pada halaman Temukan Service Poin, Bisa jadi paket tersebut masih berada di kantor agen terdekat karena kurir menjadwalkan pengiriman ulang keesokan harinya.
Baca Juga : Cara Menghubungi Customer Service Shopee Express
Jika sahabat malas untuk ke kantor agen shopee express, sahabat bisa menghubungi Customer Servicenya, agar di bantu pengecekan dan menanyakan langsung ke agen terkait yang bertanggung jawab mengirim paket sahabat. Tetapi perlu di ingat bahwa jika sahabat menghubungi CS butuh waktu yang lebih lama di bandingkan jika sahabat langsung datang ke kantor agen terdekat.