Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Pesanan di Shopee COD, Emang Bisa?

Memesan barang di shopee secara COD, setelah barang sampai ternyata barang yang datang tidak sesuai pesanan atau dalam kondisi rusak sehingga ada keinginan untuk mengembalikan pesanan tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan barang yang sesuai atau uang di kembalikan, apakah hal itu memungkinkan mengembalikan pesanan di shopee dengan sistem COD? 

Aturan dalam membeli barang di shopee secara COD kita wajib membayar terlebih dahulu kepada kurir sebelum paket kita terima dan membukanya, dan jika sampai di buka maka paket sudah tidak bisa dikembalikan kepada kurir dan wajib di bayar. 

Namun bagaimana jadinya setelah paket COD di bayar ternyata ketika di buka paket dalam kondisi rusak atau berbeda dari produk yang dipesan? Apabila hal ini sampai terjadi, sahabat jangan khawatir karena shopee telah menyiapkan skema untuk melindungi penggunanya dari penipuan seller yang mengaktifkan sistem COD namun sengaja tidak mengirim barang yang sesuai.


Pesanan Shopee Dengan Sisitem COD Bisa Dikembalikan

Pada dasarnya mau itu sistem COD ataupun pembayaran dengan metode lain barang tetap bisa dikembalikan kepada seller apabila kondisi paket tidak sesuai, namun jika rusak dalam perjalanan akibat kurir/ekspedisi yang tidak hati-hati maka kesalahan ini tidak bisa dilimpahkan kepada penjual dan meminta pengembalian karena itu di luar wewenang penjual. 

Baik kita kembali pada pembahasan tentang pengembalian paket COD yang tidak sesuai atau salah barang, ketika kita menerima paket dan sudah membayar barang COD sebaiknya kita videokan terlebih dahulu proses buka paket dan mencoba fungsinya, agar menjadi bukti apabila paket bermasalah, selain itu Jangan konfirmasi terima barang di aplikasi Shopee

Alasan mengapa jangan klik paket diterima pada aplikasi adalah karena untuk mempermudah kita untuk komplain ke pihak penjual apabila terdapat masalah pada barang yang dikirim, selain itu juga agar shopee bisa membantu menengahi permasalahan antara penjual dan penerima. Pesanan yang masih dalam proses pengiriman dan belum di klik terima maka paket tersebut masih dalam garansi shopee.

Sekarang anggap saja sahabat menerima paket COD dan sahabat memvideokan proses buka paket hingga mencoba fungsinya (jika barang eletronik), ternyata ada masalah pada barang tersebut, berikut ini cara mengatasinya :

  1. Segera hubungi seller dan ajukan klaim "Produk tidak lengkap/kosong"
  2. Sertakan bukti berupa video dan foto yang menunjukkan masalah pada produk 
  3. Penjual akan menerima notifikasi klaim dari pembeli untuk menerima komplain atau menolak
  4. Apabila komplain sahabat diterima maka tim shopee akan mengarahkan cara pengembalian produk
Bagaimana dengan ongkos kirim? Ongkos kirim akan ditanggung oleh pihak Shopee apabila saat mengembalikan menggunakan jasa kirim yang didukung oleh Shopee. Jika menggunakan jasa kirim yang tidak didukung oleh Shopee, maka ongkir akan ditanggung pihak Pembeli.


Bagaimana Jika Terlanjur Sudah di Klik Diterima?
Maka pihak shopee sudah tidak bisa membantu banyak perihal pesanan sahabat yang bermasalah karena di luar garansi shopee, adapun pengembalian atau komplain perihal paket yang salah dan bermasalah tergantung kebijaksanaan dari sellernya. 

Kalau seller/penjualnya baik dan mau menggaransi barang maka mereka akan meminta pembeli untuk mengirimkan kembali produk barangnya, dan setelah itu mengirim barang yang sesuai kembali kepada pembeli. Sekali lagi tergantung kebijakan dari tokonya mau menggaransi atau tidak. 

Lalu siapa yang disalahkan? Toko dan pembeli sama-sama dalam kondisi salah, toko tidak teliti dalam mengirim barang dan tidak mengecek kembali fungsinya, sedangkan pembeli langsung klik terima ketika paket baru sampai dan belum dibuka.

Penutup
Sebaik-baiknya dalam menyelesaikan kendala di masa depan, adalah dengan mencegah masalah tersebut terjadi, agar sahabat tidak mengalami kejadian seperti kendala diatas adalah dengan lebih selektif dalam memilih toko online, sebelum membeli cek terlebih dahulu rating toko dan barangnya, carilah review pembeli sebelumnya.  

Selain itu chat seller perihal garansi dan aturan komplain dari toko tersebut, agar mengerti ketentuan apabila ada barang yang tidak sesuai, sehingga jika terjadi yang tidak di inginkan kita mengerti harus melakukan apa. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, terimakasih.