Apa Yang Harus Dilakukan Jika Paket JNE J&T Atau AnterAja Tidak Sampai
Berbelanja online pastinya barang dikirim menggunakan jasa JNE, J&T, Shopee atau Anter Aja, namun apa yang harus dilakukan jika paket kita tidak sampai sesuai estimasi pengantaran. Kejadian ini banyak dialami oleh sahabat yang lokasinya cukup pelosok sehingga pihak kurir membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirim paket ke alamat yang sesuai.
Terkadang juga pada area kota kurir sering mengalami keterlambatan karena berbagai faktor, faktor pertama karena over paket di gudang ( terlalu banyak paket di gudang tidak sebanding dengan kemampuan abang kurir mengirim paket ke alamat), faktor kedua karena SDM kurir yang masih rendah sehingga paket lama sampainya, hal ini terjadi karena abang paket masih baru sehingga belum menguasai daerah tempat pengiriman paket.
Namun ada juga kejadian paket sudah status terkirim setelah dicek resi namun pada kenyataannya paket belum sampai ke penerima sehingga menjadikan konsumen panik seketika karena khawatir paket salah kirim atau hilang.
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Paket JNE, Shopee, Anter Aja, Shopee atau J&T Tidak Sampai?
Ilustrasi Paket JNE di Kirim Oleh Kurir |
1. Jangan Panik
Panik terjadi saat kita mengalami rasa khawatir yang berlebihan, apabila kita dalam kondisi panik maka pikiran tidak tentang sehingga tidak tau harus melakukan apa, bahkan jika kita mampu melakukan sesuatu hasilnya akan mengecewakan. tenangkan pikiran sahabat terlebih dahulu, dan ikuti langkah selanjutnya.
2. Cari Informasi Kontak Ekspedisi Yang Digunakan
Kontak ekspedisi dapat diperoleh melalui website resmi perusahaan kurir yang digunakan, untuk JNE : https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/our-information untuk J&T : https://jet.co.id/ untuk Anter AJa: https://anteraja.id/contact-us sedangkan untuk ekspedisi lain bisa sahabat cari di google.com.
3. Siapkan Nomer Resi Paket
Nomer resi adalah nomer seri dari pihak ekspedisi untuk mengidentifikasi sebuah paket untuk memudahkan melacak paket yang sedang dikirim. Nomer resi bisa sahabat peroleh dari penjual jika membeli melalui sosial media, sedangkan bila sahabat berbelanja di marketplace seperti shopee dan tokopedia nomer resi bisa diperoleh pada detail pesanan.
4. Hubungi Customer Service Kurir Yang Digunakan
Menghubungi Customer Service (CS) bisa melalui nomer telepon, Whatsapp atau Email, semuanya bisa sahabat peroleh melalui situs resmi kurir yang digunakan. Agar lebih hemat saran saya gunakan email saja untuk menghubungi CS, karena kalau melalui telepon akan dikenakan biaya pulsa.
5. Siapkan Kalimat Yang Tepat Untuk Menyampaikan Kendala
Kalimat yang tepat akan mendapatkan jawaban yang tepat atas kendala yang sahabat alami, hindari kalimat yang kasar dan berbelit-belit agar team CS pihak ekspedisi dapat mengerti maksud sahabat dan dengan senang hati membantu masalah yang sedang dialami. Jika sahabat menggunakan bahasa yang kasar maka bisa dipastikan CS akan enggan membantu menyelesaikan masalah.
Contoh kalimat untuk menyampaikan kendala paket tidak sampai kepada Customer Service :
"Selamat pagi Admin CS JNE/J&T, perkenalkan nama saya Andi (Sebut nama Anda) saya mengalami kendala dalam pengiriman paket, paket saya sudah berstatus terkirim namun saya belum menerima paket tersebut. Bisa kah tolong bantu di cek apakah paket saya belum terkirim ? Adapun nomer resi saya 2345xxxx (tuliskan nomer resi paket sahabat yang belum sampai). Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.
Kalimat tersebut bisa sahabat edit sesuai kebutuhan, bisa juga sahabat gunakan untuk menelpon CS, untuk mendapatkan bantuan yang cepat. Sekali lagi jangan panik dan hindari kalimat kasar, usahakan gunakan kalimat ringkas serta mudah dipahami.
Perlu di ingat jika sahabat menggunakan Email untuk komplain ke CS JNE atau J&T maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan balasan, biasanya hitungan jam hingga 24 jam. Kalau ingin cepat mendapatkan respon sahabat bisa menggunakan telepon atau live chat di web resmi.
Apakah Kita Mendapatkan Ganti Rugi Jika Paket Tidak Sampai Karena Hilang?
Paket tidak sampai bisa disebabkan beberapa hal, seperti alamat penerima tidak ditemukan sehingga paket dikembalikan ke pengirim dan biaya ongkir tidak dikembalikan. Paket tidak sampai juga bisa karena paket hilang atau rusak maka pengirim akan mendapatkan ganti rugi berupa 10 kali biaya ongkir bukan senilai paket yang di kirim, kecuali kalau menggunakan asuransi.
Paket hilang atau rusak yang di asuransi maka akan menerima ganti rugi senilai barang yang dikirim, oleh sebab itu untuk paket yang nilainya mahal di atas 1 juta sebaiknya gunakan asuransi agar mendapatkan ganti rugi senilai barang yang hilang.
Bagaimana kalau membeli secara online? apakah pembeli mendapatkan ganti rugi jika paket hilang? Jawabannya adalah tidak, yang dapat ganti rugi pengirim dan pembeli meminta ganti rugi ke pengirim atau toko jika sudah transfer.
Berbeda lagi jika sahabat berbelanja di marketplace seperti shopee dan tokopedia, jika barang tidak sampai maka jangan klik barang diterima atau ajukan garansi ke pihak shopee agar uang yang sudah dibayarkan ke pihak shopee dikembalikan ke akun shopee atau tokopedia milik sahabat.
Kesimpulan: Apabila barang/paket JNE,J&T atau AnterAja tidak sampai maka silahkan hubungi CS kurir yang bersangkutan untuk menanyakan kejelasan mengenai paket yang tidak sampai dengan cara menginformasikan nomer resi ke CS, demikian penjelasan pada kali ini semoga bermanfaat.