Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Pohon Alpukat Berbuah Lebat

Memiliki pohon alpukat yang sudah berbuah tetapi mengapa buahnya tidak lebat ya? Pohon berbuah tidak lebat bisa dikarenakan beberapa faktor, contohnya bisa dikarenakan berbuah di luar musim, bisa juga karena faktor kekurangan nutrisi, Atau karena jumlah cabang yang sedikit.

Untuk membuat pohon alpukat berbuah lebat ada beberapa cara yang bisa kita terapkan, namun saya tidak menjamin hasilnya 100% berhasil tetapi setidaknya kita sudah berusaha dan mencoba.

Saran yang admin bagikan di bawah ini berdasarkan ilmu teori dan nalar admin. Owh iya anggap saja metode di bawah ini tidak termasuk karna pohon alpukat berbuah di luar musim ya. Jadi kasusnya pada saat musim buah, pohon alpukat milik sobat buahnya sedikit.

Oke langsung pada intinya yaitu

Tips Agar Pohon Alpukat Berbuah Lebat



Meningkatkan Pemeliharaan Pohon Alpukat 
Jika biasanya alpukat tidak pernah disiram, tidak pernah dihilangkan gulmanya dan tidak pernah dipupuk. Maka mulai sekarang siramlah pohon alpukat sobat setiap pagi atau sore, bersihkan tanaman pengganggu yang ada di sekitar pohon alpukat dan berikanlah pupuk sebulan 1x pemupukan secara teratur.


Dosis pupuk untuk tanaman alpukat muda 1-2 gram pupuk NPK pertanaman, jika tanaman sudah besar dosisnya 10-20 gram pertanaman. Untuk pengaplikasiannya bisa di benamkan di sekitar area perakaran, atau juga bisa dilarutkan kedalam 1 liter air lalu disiramkan ke tanaman alpukat.

Dengan cara ini pohon alpukat akan tumbuh dengan maksimal dan sehat. Apabila tanaman tumbuh baik dan sehat akan menghasilkan buah yang lebat.

Membentuk Cabang Yang Lebih Banyak 
Jumlah buah pada tanaman alpukat juga dipengaruhi oleh jumlah cabangnya, jika cabangnya sedikit maka buahnya juga akan sedikit. Untuk meningkatkan jumlah cabangnya maka lakukankan pemangkasan pada ujung cabang agar muncul persemaian cabang di sekitar tempat pemangkasan.

Pemberian Hormon Pembunga/Booster
Hormon dapat memicu munculnya bunga yang lebat, apabila bunga lebat maka potensi pohon alpukat berbuah lebat juga tinggi. Untuk pembelian booster atau hormon bungan bisa sobat dapatkan di toko pertanian.

Dari ketiga tips di atas, hal yang paling utama adalah perawatan pohon dengan baik, hal ini sangat menunjang hasil buah yang lebat sekala jangka panjang. Sebab tanaman yang kecukupan nutrisinya akan menghasilkan produktifitas buah yang tinggi.