Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Berbuahnya Alpukat?

Buat yang suka buah alpukat pastinya menunggu-nunggu pohon alpukat berbuah lebat pada musimnya, sekarang yang menjadi pertanyaan kapan ya musim berbuah alpukat? Musim buah alpukat terjadi pada bulan November, Desember, Januari dan Februari.


Pada bulan yang admin jelaskan di atas buah alpukat berbuah lebat dan biasanya harga alpukat lebih murah dari pada biasanya. Jika per kg biasanya 35-40rb pada musim alpukat bisa turun hingga 10-15rb per kg.
Pohon alpukat juga berbuah pada bulan Mei dan Juni tetapi buahnya tidak sebanyak dimusimnya. Jadi ya maklum jika harga buah alpukat pada bulan itu tidak terlalu murah, tapi stok buah dipasaran lumayan banyak.

Untuk mensiasati ketersedian alpukat diluar musim, Sobat harus bisa menyimpan buah alpukat agar awet dan tahan lama. Teknis penyimpanan alpukat bisa sobat cari di buku penanganan pra dan pasca panen buah alpukat.

Kalau sobat sudah mengerti cara menyimpan buah alpukat agar awet dan tahan lama, silahkan membeli alpukat sebanyak mungkin. Harus di ingat juga, dalam membeli buah alpukat belilah buah yang berkualitas dan buahnya tidak terlalu matang atau masih mentah.
Hal ini bertujuan agar buah alpukat dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Kalau buahnya udah masak daya simpannya lebih singkat.

Kesimpulannya adalah musim buah alpukat pada bulan November, Desember, Januari, Februari sedangkan pada bulan Mei dan Juni juga berbuah tapi sedikit.