Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Anak Dilarang Berkata Kasar Kepada Orang Tua

Alasan mengapa seorang anak dilarang berkata kasar kepada kedua orang tuanya adalah karena ucapan kasar dapat menyakiti hati orang tua, serta melanggar norma kesopanan dan tatakrama seorang anak terhadap orang tuanya. Selain itu ucapan kasar tidak pantas dikatakan oleh seorang anak terhadap kedua orangtuanya. Menyakiti hati orang tua juga merupakan perbuatan dosa dan tercela.

Dari segi budaya dan budipekerti, orang tua adalah sosok yang wajib dihormati dan disayangi oleh anaknya karena jasanya untuk anak sangatlah besar. Mulai dari hamil seorang ibu harus mengandung selama 9 bulan yang berat, saat melahirkan harus mempertaruhkan nyawanya, dan saat lahir dirawat dengan penuh kasih sayang.

Rasanya sangat tidak pantas bagi seorang anak berkata kasar kepada kedua orang tua karena begitu besar jasa kedua orang tua terhadap seorang anak.

Dari segi agama, Al-quran dan Al hadist memerintahkan anak untuk berbakti dan berkata yang lemah lembut kepada orang tuanya. Selain itu juga seorang anak dilarang untuk berkata kasar dan durhaka kepada kedua orang tuanya.

Ancaman untuk anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya adalah disiksa di Dunia dan Akhirat. Di dunia hidupnya berat dan penuh adzab dan di akhirat akan di masukkan kedalam neraka.

Bagaimana jika berkata kasar kepada orang yang lebih tua?
Tentu juga tidak diperbolehkan, karena melanggar aturan kesopanan dan tatakrama baik menurut agama dan budaya di Indonesia.

Sobat saat ini telah membaca artikel yang berjudul Mengapa Anak Dilarang Berkata Kasar Kepada Orang Tua dengan alamat link