Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Alasan Mengapa Mata Pencaharian Penduduk Berbeda Sesuai Lingkungan Tempat Hidupnya

Alasan mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya, sebab mempermudah pekerjaan yang dilakukan serta mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal.

Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda-beda dan cenderung sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya? Ada beberapa alasan yang melatar belakangi hal ini, diantaranya :

1. Memaksimalkan Potensi Sumber Daya Alam 
Matapencaharain penduduk dapat diperoleh dengan memanfaatkan sumberdaya alam potensial yang ada disekitar tempat tinggalnya. Hal ini akan sangat menguntungkan karena selain dekat juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan maksimal.

2. Efisiensi dan Efektiftas
Penduduk cenderung memiliki mata pencaharian yang memiliki kesesuaian dengan lingkungan dimana mereka tinggal untuk dapat menghemat biaya (efisiensi dana) dan mempercepat hasil yang diperoleh (efektifitas waktu).

Contohnya penduduk di daratan tinggi mimiliki matapencaharian dengan memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam (berprofesi sebagai petani) dan penduduk pesisir memanfaatkan pantai untuk menangkap ikan (berprofesi sebagai nelayan).

Bayangkan jika penduduk dataran tinggi memiliki pencaharian sebagai nelayan maka akan sangat berat untuk dijalani, sebab penduduk dataran tinggi harus menempuh jarak untuk menuju pantai yang akan memboroskan biaya dan waktu.

Ini berlaku juga terhadap penduduk pesisir yang harus pergi kedataran tinggi untuk menuju kebun dan lahan agar bisa bercocok tanam.

Jika kita tinjau dari prinsip ekonomi : Usaha yang sekecil-kecilnya (modal yang dikeluarkan sedikit dan waktu yang singkat) untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Apa yang terjadi jika penduduk bermata pencaharian tidak sesuai dengan tempat tinggalnya? Maka biaya dan waktu yang di keluarkan akan sangat besar dan keuntungan dari hasil usahanya semakin kecil.

Kesimpulannya : Alasa mengapa mata pencaharian penduduk berbeda dan cenderung sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya karena untuk memanfaatkan potensi lingkungan sekitar yang bertujuan menghasilkan keuntungan yang sebasar-besarnya dengan usaha yang seminim mungkin.

Saat ini ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul 2 Alasan Mengapa Mata Pencaharian Penduduk Berbeda Sesuai Lingkungan Tempat Hidupnya dengan alamat akses link https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-mata-pencaharian-penduduk-berbeda.html semoga bermanfaat untuk para pembaca.