Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Perencanaan Itu Penting

Alasan mengapa perencanaan itu penting adalah karena dengan adanya rencana kita bisa mempersiapkan diri lebih baik didalam memetakan pekerjaan dan kegiatan sehingga pekerjaan ataupun tindakan akan minim resiko serta meningkatkan potensi keberhasilan lebih tinggi daripada tanpa rencanakan.

Hampir disemua aspek dalam kehidupan membutuhkan rencana yang baik untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih baik.

Contohnya perencanaan menikah, kapan ingin hamil, rencana ke uangan anak dan keluarga, rencana liburan, rencana rapat, rencana pembelian barang, rencana periksa kesehatan, dan rencana-rencana lainnya.

Dari banyaknya kegiatan yang akan akan dilakukan semuanya membutuhkan rencana.

Lalu apa fungsi perencanaan?
Rencana berfungsi untuk memetakan hal-hal apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai tujuan dari sebuah rencana. Istilah sederhananya perencanaan ibarat sebuah peta dimina terdapat banyak petunjuk yang merujuk pada satu tujuan dan di setiap petunjuk menunjukkan apa saja yang harus kita lakukan.

Sering sekali kita mendengar di telinga kita dari rekan kerja, teman dan keluarga, mereka enggan/ malas membuat perencanaan karena mereka menganggap justru dengan perencanaan banyak kegiatan yang hendak mereka lakukan tidak terlaksana.

Mereka yang berkata seperti itu biasanya adalah orang yang tidak sanggup melaksanakan rencana mereka sendiri dan lebih suka melakukan sesuatu secara dadakan.

Nah sekarang coba di pikirkan, lebih siap mana kegiatan yang di rencanakan dengan persiapan matang dengan kegiatan tanpa rencana dan tanpa persiapan? Pastinya dengan rencana yang baik dan persiapan akan meminimalisir kegagalan kegiatan dan pastinya akan minim kesalahan.

Itulah alasan mengapa perencanaan itu sangat penting untuk melaksanakan hal-hal yang akan dilakukan. Intinya agar kita lebih siap menghadapi berbagai tantangan di depan dengan peta yang jelas.