Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Terjadi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim

Penyebab mengapa terjadi pemanasan global dan perubahan iklim adalah karena polusi udara yang berlebihan dan mengakibatkan efek rumah kaca membuat lapisan ozon di atmosfer menipis dan bolong.

Salah satu polusi udara adalah karbonmonoksida yang dapat mengikat 1 atom o dalam ozon sehingga terbentuk CO2 di atmosfer, semakin tinggi kadarkarbon dioksida di atmosfer maka semakin banyak panas yang bertahan di bumi.

Itu artinya bumi akan lebih panas dari pada biasanya dengan kata lain terjadi pemanasan global. Panas yang melebii rata-rata ini dapat berakibat kerusakan ekosistem dan membuat beberapa spesies punah karena tidak mampu bertahan hidup.

Dampak yang buruk dari penasan global adalah mencairnya es di kutub selatan membuat permukaan air laut semakin tinggi, ini artinya dataran akan semakin berkurang dan terancamnya wilayah pesisir.

Lalu apa hubungan global warming dengan perubahan iklim? hubungannya adalah karena ketidak setabilan suhu bumi akibat dari pemanasan global mengakibatkan perubahan musim yang sulit diprediksi.

Beberapa Perubahan Iklim Akibat Pemanasan Global
1. Kekeringan berkepanjangan
Salah satu bentuk ketidak stabilan iklim adalah kekeringan berkepanjangan karena musim kemarau lebih panjang dari biasanya.

2. Banjir
Banjir diaibatkan debit hujan yang sangat besar dan menimpa suatu daerah secara terus menerus akibat dari musim hujan yang berkepanjangan.

Demikian ulasan mengapa terjadi pemanasan global dan perubahan iklim, semoga artikel ini memberikan manfaat, Sobat bisa mengakses artikel ini melalui alamat adress: https://dulajar.blogspot.com/2018/07/mengapa-terjadi-pemanasan-global-dan-perubahan-iklim.html