Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Buah Melon

Musim buah melon terjadi bulan apa ya? karena ada yang tanya, pada kesempatan kali ini admin mau sharing sedikit informasi tentang tanaman melon dan kapan musimnya.

Musim Buah Melon

Cerita sedikit tentang tanaman melon
Buah melon memiliki aneka jenis yang bermacam-macam, mulai buah yang berwarna daging hijau, ada yang kuning, dan ada juga yang oranye. Rasanya manis dan menyegarkan, mantap dihidangkan saat musim panas.

Dulu waktu admin masih awal-awal kuliah, berkesempatan untuk magang di kebun melon daerah Dau, Malang. Waktu itu ditugaskan untuk merawat tanaman melon hingga menyeleksi buah melon yang masih di pohon.

Informasi yang admin dapat, jika kita ingin panen buah melon waktu yang diperlukan adalah 3 bulan dari awal tanam hingga panen. Tanaman melon biasanya mulai berbunga setelah umur 3 minggu dan saat usia tanaman 90 hari biasanya buah melon sudah bisa dipanen.

Kapan Musim Buah Melon Tiba?
Karena tanaman melon termasuk tanaman musiman maka siklus hidupnya setelah buahnya dipanen tanaman akan mati, sehingga untuk memperoleh buah melon lagi perlu menanam tanaman melon kembali.

Kapan terjadinya musim buah melon?  musim buah melon bisa sewaktu-waktu, tergantung kapan mayoritas petani melon mulai menanam melon. Umumnya para petani melon menanam melon saat musim panas atau kemarau.

Tujuan petani menanam melon saat musim panas adalah untuk menghindari gagal panen akibat kerusakan tanaman karena hama dan penyakit yang sangat tinggi serangannya saat musim hujan.

Bulan Panen Buah Melon Melimpah 
Setelah admin mengecek informasi di lapangan, ternyata banyak petani yang panen buah melon antara bulan juli hingga agustus. Namun tidak menutup kemungkinan musim buah melon akan berganti-ganti tergantung kapan kebanyakan petani mulai menanam tanaman melon.

Saat ini sahabat sedang membaca artikel yang berjudul kapan musim buah melon, halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-buah-melon.html