Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Buah Rambai

Kapan ya musim pohon rambai berbuah? Mungkin pertanyaan ini yang ada dibenak sahabat dulajar  yang suka dengan buah yang satu ini. Buah rambai ini kalau dilihat sekilas mirip buah duku ya, tetapi bukan buah duku.

Kapan Musim Buah Rambai

Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas sedikit tentang buah rambai, yaitu tentang  kapan dan bulan apa pohon rambai mulai berbuah serta musim panennya.

Umur Berapa Pohon Rambai Mulai Berbuah? 
Jika sahabat menanam tanaman rambai dari biji maka sahabat harus menunggu selama 7-8 tahun untuk dapat berbuah. Namun jika mulai menanam dari bibit unggul maka tidak perlu waktu terlalu lama untuk dapat memanen buah rambai, cukup 3-4 tahun saja.

Kapan Pohon Rambai Mulai Berbunga dan Bulan Panennya?
Sedangkan musim berbunga pohon rambai terjadi antara bulan april hingga juni, sehingga musim panen buah rambai akan jatuh pada juli, agustus dan september. Semakin cepat pohon rambai berbunga maka semakin cepat pula kita panennya.

Namun pada bulan lain, kita juga tetap bisa menjumpai pohon rambai yang panen buahnya melimpah, misalnya pada bulan januari dan februari dibeberapa daerah di Indonesia.

Harga buah rambai per 1 kg yang admin tau di kisaran Rp 5.000 daerah linggau sumatera selatan. Kalau daerah lainnya belum tau.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Buah Rambai?
Buah rambai dapat dikonsumsi langsung secara segar/mentah, bisa juga dimasak atau diolah menjadi selai. Admin belum pernah memakan buah ini, katanya sih buah asal kalimantan, nantilah jika main ke kalimantan admin coba makan buah rambai, jadi penasaran.

Ada yang tau nama lain dari buah rambai? Katanya sih buah ini juga ada di daerah sunda dengan nama lain buah menteng. Namun setelah admin melakukan pencarian informasi, menurut wikipedia buah menteng mirip dan masih berkerabat dengan buah rambai tetapi berbeda.

Tapi entahlah. Admin rasa perlu mencoba buah rambai khas kalimantan dan buah rambai asal sunda yang katanya bernama menteng.

Saat ini sahabat sudah membaca artikel yang berjudul Kapan Musim Buah Rambai, halaman ini memiliki alamat link url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-buah-rambai.html