Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Panen Buah Semangka

Kapan ya musim buah semangka? Mungkin sebagian dari sahabat ada yang menunggu musim semangka tiba, ada yang bisa menjawab pertanyaan di atas? Admin bisa bantu, dan akan memberikan jawabannya di bawah ini.

Jenis Buah Semangka
Buah samangka berbentuk bulat dengan daging buah berwarna merah ada juga yang berwarna kuning. Sementara 2 jenis itu yang umum kita ketahui. Ada juga yang berbiji ada juga yang tanpa biji. Tidak menutup kemungkinan kelak warna daging buah semangka berwarna lain.

Kapan Musim Panen Buah Semangka

Karena perkembangan teknologi pertanian semakin modern mampu memodifikasi genetik pada tumbuhan ke arah yang di kehendaki manusia.

Sekarang admin mau tanya, kira-kira sahabat disini suka buah semangka daging kuning atau merah?

Kalau admin sendiri suka buah semangka daging warna merah tanpa biji, yang kuning juga suka, cuma lebih suka yang merah. Siap yang tanya min? bodoh amat :-)

Kapan Musim Panen Buah Semangka?
Sebenarnya musim buah semangka dapat terjadi kapan saja disepanjang tahun, karena umur tanaman semangka hanya 3 bulan saja sudah bisa di panen. Jadi jika petani menanam semangka setiap bulan maka musim panen semangka akan terjadi setiap 1 bulan sekali setelah 3 bulan pertama.

Namun pada kenyataanya di lapangan, petani memilih bulan januari dan februari untuk menanam tanaman semangka secara serentak ( kebanyakan petani semangka menanam bibit semangka pada bulan ini). Sehingga musim panen raya buah semangka terjadi pada bulan april dan mei.

Saat Musim panen raya harga semangka sangat murah, admin pernah menjumpai di harga Rp 3.000 di pasaran. (berapa harga di petani ya kalau murah segitu?).

Namun untuk sahabat yang keburu ingin menikmati buah semangka tidak perlu menunggu bulan april dan mei karena selain di bulan itu banyak juga petani yang panen semangka. Misalnya pada bulan juni, juli, agustus, september dan oktober tetap ada buah semangka di pasaran.

Untuk harga per kgnya biasanya antara Rp 8.000 hingga Rp 11.000 per kgnya. Jadi kalau beli satu buah harganya bisa 24 sampai 30rban tergantung bobot buahnya.

Saat ini sahabat sedang membaca artikel yang berjudul kapan musim buah semangka, halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-panen-buah-semangka.html