Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Musim Buah Salak

Kapan musim buah salak ya? Untuk menjawab pertanyan Sahabat, admin sudah mencari informasinya agar dapat membantu Sobat menemukan jawabannya. Musim buah salak terjadi dua kali dalam satu tahun, namun tidak akan sama banyaknya.

Kapan Musim Buah Salak

Musim Panen Raya Buah Salak
Berdasarkan informasi yang admin peroleh untuk daerah Kab. Karangasem buah salak memiliki 2 musim dalam setahun yang terjadi pada bulan januari hingga maret dan bulan september hingga agustus.

Pada bulan januari - maret buah salak bisa dikatakan sangat melimpah ruah, dimana kebun para petani banyak yang panen. Sedangkan pada bulan agustus dan september juga musim panen salak namun tidak sebanyak saat bulan di awal tahun.

Harga Buah Salak Saat Panen Raya
Informasi di beberapa daerah bervareasi, pada saat panen raya buah salak di pasaran harganya hanya Rp 3.000 per kg, namun pada saat sepi buah, harganya bisa mencapai Rp. 14.000 per kg.

Sebenarnya ada beberapa aspek yang menentukan nilai jual buah salak, beberapa diantaranya varietas buah salaknya, mutu buah, dan ukurannya. Semakin bagus varietas dan mutu buah maka harganya pun akan semakin mahal. Biasanya untuk buah-buah mutu tinggi dijual di pasar modern.

Memanfaatkan Buah Salak Melimpah Saat Panen Raya
Saat panen raya buah salak di tingkat petani hanya laku Rp 1.500 per kg nya, bahkan kadang tidak laku karena terlalu banyaknya buah salak. Hal ini perlu ada jalan keluar untuk mengurangi ketersia-siaan buah salak.

Salah satu cara memanfaatkan buah salak saat panen raya adalah dengan mengolah buah salak menjadi produk lain, misalnya dijadikan kripik, manisan dan produk-produk lainnya sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan daya simpan yang lebih lama.

Sahabat saat ini sudah membaca artikel yang berjudul kapan musim panen buah salak, halaman ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-buah-salak.html