Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Buah Stroberi di Indonesia

Sahabat disini ada yang suka dengan buah stroberi? Jika iya, pastinya lagi nunggu musim tanaman stroberi berbuah ya biar bisa makan buah ini sepuasnya. Atau sahabat memiliki tanaman stroberi sendiri dirumah dan menunggu berbuah.

Menanam tanaman stroberi tergolong mudah, dan perbanyakannya juga gampang karena kita dapat memperbanyak dari anakan tanaman stroberi, selain itu buah stroberi tergolong cepat dalam belajar berbuah.

Musim Buah Stroberi di Indonesia

Umur Tanaman Stroberi Berbuah
Umumnya jika kita menanam dari anakan stroberi yang sudah cukup besar, jika dirawat dengan baik umur 3 minggu biasanya sudah mulai berbunga dan buah akan matang setelah 1-2 bulan. Namun ada juga yang mulai berbunga pada umur 2 bulan ke atas.

Umur tanaman stroberi untuk dapat berbuah bervareasi, ada yang cepat ada juga yang lama, hal ini karena beberapa faktor diantaranya adalah karena varietas/jenis tanaman stroberi, bisa juga karena perawatannya.

Kapan Musim Berbuahnya Buah Stroberi di Indonesia?
Admin telah melakukan pencarian informasi yang cukup mendalam, dan kebetulan juga saat ini tinggal di malang yang merupakan salah satu daerah penghasil buah stroberi. Saat admin main ke kebun stroberi pada bulan juli dan agustus banyak tanaman stroberi berbuah. 

Namun pada bulan-bulan lainnya buah stroberi juga berbuah, misalnya di bulan januari, februari, maret, september dan oktober. Ya kalau disimpulkan tanaman strobery ini dapat berbuah hampir di sepanjang musim.

Cara Agar Tanaman Strobery Cepat Berbuah?
Admin ada beberapa trips agar tanaman stroberi sobat segera berbuah, pertama rawatlah tanaman stroberi sebaik mungkin dengan cara menyiramnya dengan teratur dan memastikan kebutuhakan nutrisinya tercukupi dengan baik.

Kedua dengan teknik stress air tanaman, caranya dengan tidak menyiram tanaman stroberi hingga mendekati layu (ingat jangan sampai bablas mati ya) selama beberapa hari kemudian baru di siram secukupnya setara teratur. Insyallah akan segera berbuah.

Apakah Bisa Menanam Tanaman Stroberi di Dataran Rendah Atau Pesisir?
Bisa gak kalau kita menanam tanaman stroberi di daerah yang panas seperti pesisir atau dataran rendah? Bisa iya bisa tidak.

Karena sejatinya tanaman stroberi hidup di dataran tinggi yang memiliki suhu lebih rendah dari daerah dataran rendah dan pesisir. Stroberi dapat tumbuh subur di dataran rendah apabila lingkungannya sesuai dengan syarat tumbuhnya dan jika tidak memenuhi syarat tumbuh buah stroberi tidak akan berbuah bahkan bisa layu.

Menanam Strobery di Dataran Rendah
Untuk mensiasati hal ini, Sahabat bisa menanam stroberi dengan meletakkan tanaman stroberi di tempat yang teduh dan perairan yang cukup. Untuk menurunkan suhu udara sobat bisa menyemprotkan kabut air di lingkungan tanam stroberi.

Cara paling simpel untuk menanam stroberi di daerah panas adalah dengan membeli bibit stroberi yang toleransi daerah panas. Namun sayangnya admin belum tau apakah ada varietas tanaman stroberi yang toleransi terhadap suhu panas.

Saya rasa sudah cukup sampai disini ulasan tentang kapan musim buah stroberi, semoga memberikan manfaat dan wawasan baru untuk sahabat semua. Halaman  ini memiliki alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/kapan-musim-buah-stroberi.html