Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Api Panas

Jika sebelumnya kita belajar tentang api sebagai energi kali ini kita akan membahas mengapa api bisa panas, dan kira-kira apa penyebab api menjadi panas. Yuk disimak penjelasan di bawah ini :

Apa itu Panas?
Sebelum kita membahas tentang api ada baiknya kita membahas tentang panas terlebih dahulu, apa itu panas? Panas adalah energi yang dapat berpindah akibat perubahan suhu. Dari mana energi panas muncul? Dari benda-benda penghasil panas misalnya dua benda yang di gesekkan, matahari dan panas bumi.

Nah sekarang masuk pada pembahasan ini, Mengapa Api Bisa Panas? Sebelum di jawab, saya akan bertanya terlebih dahulu kepada Anda, Awal mana antara panas dan api? Jawabannya adalah panas.

Mengapa Api Panas

Terbentuknya Api 
Pemicu munculnya/ terciptanya api adalah karena adanya energi panas yang berpindah tempat dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah yang kemudian membakar benda yang mudah terbakar.

Proses munculnya api secara teori kimia adalah karena terjadinya reaksi kimia antara 3 unsur yaitu panas, oksigen dan bahan bakar. Reaksi ini akan mengubah bahan bakar menjadi energi panas yang merubah suhu disekitarnya.

Salah satu benda yang dapat merasakan perubahan suhu ini adalah kulit kita. Benda yang memiliki suhu tinggi adalah benda panas, sedangkan benda dengan suhu rendah panas.

Kesimpulannya
Mengapa api panas adalah karena adanya energi kalor yang dihasilkan akibat munculnya reaksi kimia antara 3 unsur yaitu oksigen, energi panas dan bahan bakar. Bahan bakar disini bisa benda apa saja yang mudah terbakar.

Muda-mudahan mudah dipaham ya, penjelasan di atas. Saat ini Anda sedang membaca artikel yang berjudul mengapa api panas, dengan alamat url https://dulajar.blogspot.com/2018/09/mengapa-api-panas.html