Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini Kegunaan SIM A, BI, BII, C, dan D (Perseorangan)

Banyak jenis SIM (Surat Izin Mengemudi) yang kita ketahui, diantaranya SIM A, SIM C, SIM B dan SIM D, kira-kira apa ya kegunaan dari setiap jenis SIM di atas? Ternyata disetiap jenis SIM itu ada fungsi dan tujuannya.

SIM perseorangan adalah SIM yang ditujukan untuk pengendara kendaraan perseorangan/pribadi (bukan kendaraan umum) sedangkan untuk SIM umum ditujukan untuk pengendara kendaraan umum.

Adapun kegunaan dari SIM A, BI, BII, C, dan D sebagai berikut :

A. SIM A, berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram berupa:
1. mobil penumpang perseorangan; dan
2. mobil barang perseorangan.

B. SIM B I, berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram berupa:
1. mobil bus perseorangan; dan
2. mobil barang perseorangan;

C. SIM B II, berlaku untuk mengemudikan Ranmor berupa:
1. kendaraan alat berat;
2. kendaraan penarik; dan
3. kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 (seribu) kilogram;

Berikut Ini Kegunaan SIM A, B, C, dan D (Perseorangan)
Kegunaan SIM A, B, C, dan D

D. SIM C, berlaku untuk mengemudikan Sepeda Motor, terdiri atas:
1. SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) paling tinggi 250 (dua ratus lima puluh) kapasitas silinder;
2. SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) antara 250 (dua ratus lima puluh) sampai dengan 750 (tujuh ratus lima puluh) kapasitas silinder (cylinder capacity).
3. SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) di atas 750 (tujuh ratus lima puluh) kapasitas silinder (cylinder capacity);

E. SIM D, berlaku untuk mengemudi Ranmor Khusus bagi penyandang cacat.

Setelah Anda sudah paham fungsi dan kegunaan dari setiap jenis/tipe SIM (Surat Izin Mengemudi) maka silahkan pilih satu atau beberapa SIM yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contoh jika Anda memiliki sepeda motor dan mobil pribadi maka Anda memerlukan SIM C dan SIM A. Demikian informasi tentang kegunaan SIM A, BI, BII, C dan D, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.