Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Elektroforesis

Dulajar, Alat atau perangkat yang digunakan untuk elektroforesis adalah terdiri dari power supply, mesin elektroforesis, cetakan gel dan sisir. Saat ini dikenal ada dua macam/jenis perangkat elektroforesis yaitu elektroforesis horizontal dan elektroforesis vertikal. 

Apa yang membedakan elektroforesis horizontal dengan vertikal? Jawabannya adalah kalau elektroforesis horizontal dilaksanakan menggunakan gel agarosa sedangkan elektroforesis vertikal menggunakan gel akrilamid.

Alat Elektroforesis

Jika ada pertanyaan lagi "apa perbedaan gel agarosa dan akrilamid? Gel agarosa itu resolusinya lebih rendah, lebih sederhana, lebih murah dan laju pemisahan fragmen DNA lebih cepat dibandingkan gel akrilamid. Hal yang paling membedakan dari dua gel di atas adalah gel agarosa untuk memisahkan fragmen DNA atau RNA dengan ukuran 100 hingga 50,000 bp, nah untuk ukuran fragmen DNA atau RNA di bawah 100 bp di sarankan menggunakan gel akrilamid.

Baca Juga : Mengenal Alat Sentrifus Atau Centrifuge?

Prinsip elektroforesis adalah perpindahan partikel-partikel yang bermuatan karena pengaruh medan listrik. Molekul DNA itu negatif, sehingga jika molekul DNA ditempatkan pada medan listrik maka akan berpindah dari kutub negatif menuju kutub positif.

Dulu admin juga pernah praktikum elektroforesis yang tujaunnya saat itu untuk mengisolasi DNA dari sel tanaman, praktek pemisahakan DNA menggunakan elektroforesis tergolong sulit karena butuh langkah yang hati-hati dan tepat untuk menerapkannya. Dari beberapa sampel yang digunakan hanya satu atau dua yang berhasil mengisolasi DNA tanaman.

Baca Juga : Istilah-Istilah Dalam Bioteknologi

Berapa harga perangkat elektroforesis? Kalau yang admin lihat di labsatu com kisaran harga 9 hingga 15 juta, harga bisa jadi tidak sama di toko lain atau saat Anda melihatnya di hari yang berbeda atau spesifikasi yang berbeda, yang jelas perangkat elektroforesis ini belum dijual di bukalapak atau pun marketplace biasa.