Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sentrifus Atau Centrifuge

Dulajar, Sentrifus atau Centrifuge adalah alat yang digunakan untuk memisahkan larutan, mengendapkan suatu zat terlarut (contoh DNA dan RNA). Atau bisa juga untuk mengumpulkan larutan yang terdapat di dinding tabung agar berada di dasar tabung.


Syarat utama yang harus diperhatikan dalam menggunakan sentrifus adalah kesetimbangan dari bahan dan alat yang akan disentrifuge.

Ada beberapa macam ukuran sentrifus yang digunakan dalam bioteknologi, contohnya mesin mikro sentrifus untuk cairan yang jumlahnya sedikit (kurang dari 1,5 ml). Sedangkan untuk cairan yang lebih dari 10 ml menggunakan mesin sentrifus berukuran besar.

Baca Juga : Istilah-Istilah Dalam Bioteknologi

Mesin sentrifus ada dua macam, ada yang dilengkapi dengan pendingin dan ada juga yang tidak. Selain itu juga ada yang memiliki kecepatan rendah dan ada juga yang memiliki kecepatan tinggi. Penggunakan mesin sentrifus disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Mesin Sentrifus atau Centrifuge
Saya cek harga mesin sentrifus 12 hole di bukalapak dikisaran harga 3,5 juta sedangkan yang 8 hole 2,7 juta, adapun kecepatan putarannya 0-4000 rpm. Harga bisa jadi berbeda apabila spesifikasi berbeda.