Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Mesin PCR

Dulajar, Mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) adalah sebuah mesin atau alat yang berfungsi untuk mengamplifikasi/menggandakan/memperbanyak untaian basa DNA yang dibatasi oleh pasangan primer pengapitnya melalui teknik pengaturan suhu dan penggunaan enzim tahan panas tinggi secara in vitro.

Bahan yang diperlukan agar prosedur PCR dapat dilakukan adalah DNA untaian ganda yang berfungi sebagai templat (cetakan) yang mengandung DNA target ( DNA yang akan di perbanyak) untuk membentuk molekul DNA yang baru, enzim DNA polimerae, deoksinukleosida trifosfat (dNTP), dan sepasang primer oligonukleotida.

Kegunaan atau Manfaat Teknologi PCR 

  1. Reformasi riset dibidang bioteknologi
  2. Keperluan tim forensik 
  3. Pendeteksian virus berbahaya
  4. Pemulihan lingkungan berbasis biologis

3 Tahap Proses PCR
  1. Denaturasi DNA Template
  2. Annealing (Penempelan) Primer
  3. Pemanjangan (Extension)


Harga Mesin PCR ?
Harga mesin ini bermacam-macam tergantung spesifikasi yang dibutuhkan, admin cek harga PCR di alibaba indonesia untuk yang ukuran mini dikisaran $200 hingga $900 usd, pada merek tertentu harganya di atas $1000 usd.

Fungsi Mesin PCR

Saya rasa cukup sekian dulu penjelasan tentang fungsi mesin PCR beserta informasi tentang kegunaan dan harganya, semoga benar-benar bermanfaat untuk sahabat pembaca. Sampai jumpa di artikel yang lain.