Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Analisis Pertumbuhan Tanaman

Dulajar, Apa ya definisi/pengertian dari analisis pertumbuhan tanaman? Berdasarkan penjelasan di buku analisis pertumbuhan tanaman adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang proses hidup tanaman dalam menghasilkan pertambahan ukurannya (volume, masa dan tinggi).
Apa itu tumbuh ? Tumbuh adalah perubahan ukuran pada organisme dalam hal ini adalah tanaman dikarenakan bertambahnya jumlah sel pada organisme tersebut, dari semulanya kecil menjadi besar, pendek menjadi panjang dan bersifat tidak kembali pada ukuran semula (irreversibel).

Alasan mengapa analisis pertumbuhan ini dipelajari adalah untuk mengetahui sejauh mana terjadinya proses pertumbuhan tanaman serta menganalisis penyebab perubahan ukuran pada tanaman akibat faktor genetis atau karena lingkungan. Untuk mengetahuinya diperlukan pendekatan kuantitatif sehingga diperoleh data akurat yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan

Dengan kata lain pengertian analisis pertumbuhan tanaman merupakan suatu usaha untuk menyelidiki dan menguraikan peristiwa-peristiwa dalam proses pertumbuhan tanaman sehingga diperoleh data kuantitatif.
Pengertian Analisis Pertumbuhan Tanaman
Fungsi Analisis Pertumbuhan Tanaman
Manfaat dan fungsi data yang dihasilkan dari analisis pertumbuhan antara lain :

  1. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan pertumbuhan tanaman secara kuantitatif
  2. Mengetahui efektivitas penggunaan sumberdaya lingkungan terhadap tanaman
  3. Menganalisis hubungan antara input dengan hasil produksi
  4. Membantu mengetahui kendala pertumbuhan yang dapat mempengaruhi hasil tanaman
  5. Menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu proses pertumbuhan
  6. Memberikan prediksi terhadap produktivitas tanaman yang akan dihasilkan  

Karena begitu banyak manfaat serta fungsi dari analisis pertumbuhan tanaman, maka semakin kita sadari bahwa analisis pertumbuhan penting untuk dipelajari terutama untuk menunjang ilmu pengetahuan dan penerapan di lapangan (usaha pertanian).



Parameter Yang Diamati Dalam Analisis Pertumbuhan Tanaman
1. Tinggi tanaman
2. Jumlah daun
3. Luas daun
4. Berat kering