Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Saling Menasehati Antar Sesama

Dulajar, Alasan mengapa kita dianjurkan untuk saling menasehati antar sesama adalah karena kadang manusia lupa bahwa keputusan yang diambil melebihi batas dan tidak terkontrol sehingga jika tidak diingatkan akan menimbulkan ketidak rukunan didalam ber sosial. Saling menasehati juga merupakan perbuatan baik dan anjuran agama.

Hakikatnya nasehat menghendaki kebaikan untuk orang lain yang mendapatkan nasehat, manusia tempatnya lupa dan kadang melakukan kesalahan tanpa dia sadari, dengan adanya saling menasehati akan terciptanya perilaku saling mengingatkan dari perbuatan buruk.

Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Saling Menasehati Antar Sesama

Dalam menyampaikan nasehat juga perlu diperhatikan tatacaranya agar tidak menyinggung perasaan saudara kita yang di ingatkan, caranya dengan menasehati secara lemah lembut, pait madu dan santun. Nasehat dengan lemah lembut akan membuat orang yang mendengar lebih paham apa yang di sampaikan, dan merasa nyaman karena sudah di ingatkan.

Namun dalam kenyataan nya banyak diantara kita yang kesulitan untuk menerapkan anjuran untuk saling menasehati antar sesama, kecenderungan masyarakat modern acuh dan cuek terhadap sesamanya sehingga mudah untuk di adu domba serta mudah munculnya konflik. Terkadang yang terjadi di masyarakat di ingatkan/dinasehati namun caranya yang kasar justru menimbulkan dendam dan kebencian. Sebab karena itu pentingnya nasehat dengan cara lemah lembut dalam menjalankan anjuran saling menasehati antar sesama.