Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Alasan Mengapa Tanaman Diperbanyak Secara Vegetatif

Dulajar, Alasan mengapa tanaman di perbanyak secara vegetatif adalah karena metode ini dinilai memiliki banyak keuntungan dibandingkan secara generatif yang cenderung memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan tanaman baru dan keunggulan induk tidak dapat dipastikan juga dimiliki oleh bibit tanaman baru dari hasil perbanyakan generatif.

Keunggulan Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif

1. Buah Yang Dihasilkan Sama Dengan Induk 
Bibit tanaman yang diperoleh dari perbanyakan vegetatif akan memiliki kualitas/sifat-sifat yang sama dengan induknya karena bahan yang digunakan bagian/organ tanaman induk sehingga tanaman baru yang dihasilkan menyimpan gen yang sama dengan induk nya.


2. Tanaman Lebih Cepat Berbuah
Tanaman yang dihasilkan dari perbanyakan vegetatif akan lebih cepat berbuah karena organ tanaman sudah dewasa, hal ini dikarenakan tanaman baru ini terbentuk dari organ tanaman indukan dan bukan dari biji. Misalnya buah mangga jika di tanam dari biji estimasi berbuah setelah 7 sampai 10 tahun setelah tanam, namun jika di tanam dari bibit vegetatif estimasi berbuah setelah 2 sampai 4 tahun.

3. Memperoleh Bibit/Tanaman Baru Relatif Lebih Banyak dan Singkat
Keunggulan dari perbanyakan vegetatif selanjutnya adalah kita bisa memproduksi bibit lebih banyak dan lebih singkat dibandingkan dengan metode perbanyakan generatif. Bibit atau tanaman baru dari perbanyak generatif lebih siap di jual dipasaran dan lebih diminati konsumen.

4. Dapat Meningkatkan Mutu Bibit/Tanaman Baru
Tanaman hasil vegetatif juga memiliki keunggulan diperbaikan mutu yaitu dapat menggabungkan sifat dari dua tanaman yang memiliki keunggulan yang berbeda, misalkan perakaran yang kuat dan kualitas buah dengan cara di okulasi/sambung pucuk. Bahan yang digunakan untuk perakaran dari biji tanaman dengan akar yang kuat, sedangkan untuk entres/tanaman atas dipilih dari tanaman dengan buah yang bagus.

Umumnya bibit yang dihasilkan dari perbanyakan secara vegetatif dalam pertumbuhan tananan akan cenderung lebih cepat.

Kesimpulan dari alasan mengapa tanaman diperbanyak secara vegetatif adalah karena banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan metode perbanyakan generatif dan di nilai lebih menguntungkan.  Demikian informasi ini saya buat, semoga bermanfaat.