Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Yang Berkembang Biak Secara Vegetatif dan Keterangannya

Dulajar, 10 contoh tanaman yang berkembang biak secara vegetatif secara alami dan keterangnya akan dibahas pada halaman ini, perlu di ketahui bahwa reproduksi vegetatif adalah cara reproduksi  tumbuhan secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina). Ada dua jenis perkembang biakan vegetatif yaitu secara alami dan buatan.

Reproduksi secara vegetatif yang alami terjadi tanpa bantuan tangan manusia, sedangkan yang buatan terdapat campur tangan manusia dalam proses reproduksinya. Contoh reproduksi vegetatif buatan adalah cangkok, stek, sambung pucuk/okulasi dan secara modern yaitu dengan kultur jaringan.

10 Contoh Tanaman Yang Berkembang Biak Secara Vegetatif
Berikut ini daftar contoh tanaman/tumbuhan yang reproduksinya secara vegetatif alami beserta keterangan lengkapnya.

10 Tanaman Yang Berkembang Biak Secara Vegetatif

1. Pisang 
Tanaman pisang berkembang biak dengan cara vegetatif alami karena perbanyakannya melalui tunas, tunas pisang muncul dari batang bawah pisang di bawah permukaan tanah  tumbuh menjadi tanaman baru yang dapat tetap hidup walaupun induknya dipotong.

2. Stroberry 
Stroberi berkembang biak dengan cara vegetatif alami karena dalam memperbanyak dirinya melalui stolon/geragih, stolon adalah sebuah batang yang tumbuh menjalar di atas tanah dan merupakan batang utama yang dapat muncul akar atau tunas baru membentuk tanaman baru secara alami.

3. Bambu
Sama seperti pohon pisang, bambu juga berkembang biak secara vegetatif alami karena tanaman baru tumbuh melalui tunas dari pohon utama di bawah permukaan tanah. Tanaman baru yang tumbuh sempurna tidak akan lagi bergantungkan hidupnya dari induk tanaman.

4. Bawang Merah
Bawang merah merupakan tanaman yang berkembang biak secara vegetatif alami karena dalam reproduksinya melalui umbi berlapis/bulbus. Bulbus bisa dikatakan modifikasi dari batang dan daun, alasannya karena saat kita.

5. Bawang Putih
Bawang putih sama seperti bawang merah yang merupakan tanaman dengan berkembang biak secara vegetatif alami karena perbanyakan tanaman melalui umbi lapis. Hal ini bisa dibuktikan dari satu bawang yang terdiri dari beberapa siung, jika kita tanam 1 siung maka akn tumbuh menjadi 1 tanaman bawang.

6. Cocor Bebek
Tanaman cocor bebek tumbuh melalui tunas adventif daun, dimana pada bagian tepi daun cocor bebek terdapat sel maristem yang aktif membelah. Sel ini dapat berkembang menjadi tanaman cocor bebek yang baru, oleh karena itu tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berkembang biak secara vegetatif.

7. Kentang
Perkembang biakan kentang berasal dari umbi batang yang berada di bawah permukaan tanah, pada umbi batang terdapat mata tunas yang dapat berkembang menjadi tunas, tunas ini dapat tumbuh menjadi tanaman kentang yang baru. Oleh sebab itu kentang tergolong dalam tanaman dengan berkembang biak secara vegetatif alami.

8. Bengkoang
Perkembang biakan bengkoang sama dengan kentang yaitu melalui umbi batang sehingga tanaman ini juga disebut berkembang biak dengan cara vegetatif.

9. Temu lawak
Tanamulawak merupakan tanaman yang berkembang biak melalui rizoma, rizoma merupakan sebuah batang yang tumbuh secara mendatar/lateral di bawah tanah, dari rizoma inilah muncul tunas dan akar baru yang kemudian menjadi tanaman muda. Oleh karena itu temu lawak tergolong dalam tanaman reproduksi secara vegetatif alami.

10. Lengkuas
Lengkuas merupakan kerabat dekat dari tanaman temulawak sehingga proses reproduksi nya sama dengan temu lawak yaitu melalui rizoma.

Materi yang lain :
Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan
keuntungan perkembangbiakan vegetatif alami
perbedaan rhizoma dan geragih
tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih