Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbanyakan Gladiol

Dulajar, Bagaimana cara perbanyakan tanaman gladiol? Perbanyakan tanaman gladiol melalui umbi yang ada di dalam tanah, jika ingin menanam bunga ini Anda bisa mengambil umbi galdiol milik teman Anda, namun apabila tidak ada bisa beli di toko bunga.

Tanaman galdiol ini menurut saya seperti tanaman pisang yang tanaman di sampingnya bisa di kita ambil untuk kita tanam sehingga ketika sudah besar dan dewasa tanaman gladiol baru akan muncul di sekitar tanaman lama. Jadi kalau mau memperbanyak gladiol bisa dengan memisahkan tanaman gadiol yang baru tumbuh ke media yang lain dan seterusnya hingga diperoleh tanaman dalam jumlah yang banyak.

Cara Perbanyakan Gladiol

Cara Menanam Umbi Gladiol
Ada dua teknik cara menanam umbi gladiol, pertama menstimulasi perakaran muncul terlebih dahulu dengan cara merendam umbi dengan air di tempat teduh ketinggian air cukup membasahi bagian bawah umbi, lalu setelah muncul akar umbi siap di tanam di media tanah.

Cara kedua siapkan media kompos dan pot, tanam umbi gladiol pada pot yang berisi media tanah ingat jangan sampai terbalik ya, selanjutnya simpan di tempat yang teduh lalu siram setiap pagi dan sore, setelah beberapa hari akan muncul tunas ke permukaan tanah. Saat tanaman sudah tumbuh cukup besar silahkan di letakkan di tempat yang terbuka.