Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Pucuk Merah Kering

Dulajar, Bagaimana cara mengatasi tanaman pucuk merah yang kering ? Umumnya tanaman pucuk merah mengering akibat baru di pindah ke media atau pot lain, bisa juga akibat karena kekurangan air dan karena serangan penyakit. Lalu bagaimana cara mengatasi nya? Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini :

1. Perhatikan Media Tanam Pucuk Merah
Media yang cocok untuk tanaman pucuk merah adalah tanah yang subur dan gembur, tanah dikatakan subur apabila memiliki unsur hara yang dibutuhkan tanaman, contohnya N, P dan K. Unsur ini biasanya ada di tanah kompos, Anda bisa menambahkan pupuk kompos pada media tanam pucuk merah.

Cara mendapatkan kompos bagaimana? Kalau mau praktis bisa beli di toko pertanian, namun jika ingin sedikit repot bisa membuatnya sendiri. Caranya kumpulkan sisa potongan sayur dan cangkang kulit telur lalu campur kan tanah dan diamkan selama bulan hingga bahan organik tadi menjadi tanah. Selanjutnya tinggal anda tambahkan ke media tanaman pucuk merah.

Mengatasi Pucuk Merah Kering

2. Siram Pagi dan Sore
Usahakan tanaman di siram yang cukup setiap pagi dan sore karena apabila daun mengering bisa jadi itu karena tanaman mengalami stress air atau kekurangan air. Siram lah tanaman pucuk merah lebih banyak setiap hari agar tanaman segera pulih.

3. Lakukan Pemangkasan
Apabila media sudah diperhatikan, tanaman sudah di siram pagi dan sore secara cukup maka tips selanjutnya silahkan pangkas beberapa ranting tanaman yang mengering, tujuannya agar tanaman terstimulasi memunculkan ranting dan daun yang baru.

Baca Juga : Tanaman Pencegah Erosi Untuk Pekarangan Rumah
Untuk pupuk kimia yang bisa digunakan untuk memenuhi nutrisi tanaman bisa menggunakan pupuk mutiara NPK dengan dosis  gram per tanaman setiap sebulan sekali. Demikian Tips Mengatasi Tanaman Pucuk Merah Yang Mengering.