Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Durian Montong dan Bawor, Lebih Baik Mana?

Durian montong dan bawor apa yang membedakan dan mana yang lebih baik dari keduanya? Baik pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang dua jenis durian unggul ini, yang mungkin akan menjawab pertanyaan sahabat pecinta raja buah yaitu durian. 

Perbedaan Montong dan Bawor
Sebelum menanam salah satu jenis durian ini ada baiknya sahabat mengetahui perbedaannya agar tidak menyesal dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini yang membedakan bawor dan montong dari beberapa aspek: 

Warna Buah

Durian montong daging buah berwarna cenderung putih/kuning pudar sedangkan daging durian bawor kuning pekat hingga ke orange. Dari sini bisa disimpulkan bahwa warna daging buah durian bawor lebih menarik dari montong. 

Rasa Buah 

Rasa memang tidak pernah bohong (iklan kecap), menurut beberapa petani durian rasa bawor dan montong hampir sama, namun banyak yang lebih suka rasa buah durian bawor karena jarang ditemui buah yang hambar dan tidak mengeras seperti durian montong, dari segi rasa bawor kembali lebih unggul.

Produktifitas Pohon

Menurut para petani durian di Indonesia, pohon durian bawor lebih produktif dari pada montong dengan kuantitas yang lebih banyak, selain itu penyakit jarang menyerang tanaman durian bawor dan  bawor lebih mudah perawatannya jika dibandingkan dengan montong (hidup bawor). Bawor lebih baik dari montong untuk produktivitas tanaman. 

Ukuran Buah

Montong dan bawor dari segi ukuran buahnya hampir sama, ukuran buah paling besar bisa mencapai 6-9 kg perbuah. Ukuran daging bawor terkenal tebal, besar dan biji yang kecil, montong juga demikian. Untuk aspek ini imbang. 

Durian Montong dan Bawor, Lebih Baik Mana?


Kesimpulan
Berdasarkan ulasan diatas jenis durian bawor lebih unggul dari beberapa aspek penting melebihi durian jenis montong, kalau saran saya jika ingin menanam durian sebaiknya pilihlah jenis bawor karena rasa buah yang lebih manis, warna daging yang menarik, produktivitas tanaman baik, perawatan lebih mudah dan jarang terserang penyakit jika dibandingkan dengan montong.

Hasil Te