Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Durian Yang Cocok di Dataran Rendah

Jenis durian apa saja yang cocok di tanam pada dataran rendah yang umumnya panas dan berada di daerah pesisir atau dekat pantai? Pertanyaan yang banyak diajukan oleh seseorang yang ingin menanam pohon durian namun memiliki lahan di dataran rendah, salah satunya penulis blog ini. 

Setelah saya melakukan studi literatur melalui online menunjukkan bahwa ada beberapa varietas atau jenis durian yang mampu tumbuh subur dan berbuah lebat walaupun di tanam pada lahan yang berlokasi di dataran rendah.

Umumnya yang kita tahu pohon durian tumbuh subur di dataran tinggi dan selalu muncul dalam benak kita, apakah cocok pohon durian berada di dataran rendah? 

Jenis Durian Yang Cocok di Dataran Rendah
Durian bawor juga bisa di coba di tanam pada dataran rendah

Pembahasan Secara Ilmiah
Alasan mengapa jarang kita jumpai durian berada di dataran rendah adalah karena umumnya air tanah pada dataran rendah sangat dangkal yaitu di bawah 50 cm (jika kita menggali tanah kurang dari 50 cm kita akan menjumpai air) pada kondisi ini akan menyebabkan akar dari durian mudah busuk dan mati karena terendam air. Jadi berapa kedalaman air tanah yang ideal untuk durian ? Antara 1 meter hingga 1,5 meter.

Apabila air tanah ditempat sahabat dangkal, untuk menyiasatinya adalah dengan membuat gundukan tanah yang cukup tinggi di sekeliling tanaman durian sehingga perakaran tidak mudah tergenang air, apalagi saat musim hujan. 

Selain itu jenis tanah di dataran rendah umumnya tidak cocok dengan syarat tumbuh tanaman durian yang menghendaki jenis tanah grumosol dan ondosol yang umumnya ada pada dataran 70 sampai dengan 800 mdpl. Jadi bagaimana cara mengatasinya? Sahabat bisa mengambil jenis tanah ini dari dataran tinggi dan mencampurkannya pada area tanah yang akan ditanam durian. 

Jangan Putus Asa
Walaupun sahabat tidak menjalankan salah satu siasat di atas, kemungkinan berhasil masih ada, caranya adalah dengan menanam berbagai jenis durian di bawah paragraf ini, tanamlah masing-masing 5 pohon dari setiap jenis, barangkali ada beberapa jenis yang dapat beradaptasi dengan baik di lahan sahabat sehingga walaupun dataran rendah tetap produktif. Kenapa harus menanam beberapa jenis? Karena apa bila salah satu atau salah dua gagal bisa jadi jenis yang ketiga berhasil dan menghasilkan. Apabila sudah terbukti menghasilkan tinggal menanam lagi pohon durian dengan jenis yang sama. 

Rekomendasi Varietas/Jenis Durian Untuk Dataran Rendah
Dari forum petani durian yang penulis ikuti, berikut ini jenis durian rekomendasi dari para petani durian di seluruh indonesia. Sekali lagi tanamlah beberapa jenis durian, untuk meminimalkan kegagalan. 
Baca Juga: Penyebab Buah Durian Montong Hambar Dan Solusinya
  1. Duri Hitam
  2. Musangking
  3. Bawor
  4. Montong
  5. Kani
  6. Ochee
  7. Super Tembaga
Jenis Durian Yang Terbukti Produktif Di Dataran Rendah
Sementara ini penulis baru menemukan satu jenis durian yang terbukti dapat berbuah lebat dan tumbuh subur di dataran rendah bahkan di lokasi yang dekat dengan pantai/pesisir yaitu jenis durian musangking, dilansir dari jawa pos radarsurabaya jenis durian ini tumbuh subur dan berbuah lebat di agrowisata yang berlokasi di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Lokasi ini tergolong dekat dengan wilayah pesisir.

Jenis Durian Yang Cocok di Dataran Rendah
Lokasi agrowisata pangkahwetan dimana durian musangking berbuah di dataran rendah
Bagaimana, apakah sahabat mau mencoba menanam pohon durian di dataran rendah? Jika iya maka selamat mencoba dan saya doakan semoga berhasil. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman durian dengan baik agar hasilnya maksimal. Sampai jumpa pada pembahasan yang lain seputar durian.