Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Tumbuh Durian Montong

Ada rencana untuk menanam pohon durian atau membuat kebun durian montong? Maka syarat tumbuh durian montong harus dipahami terlebih dahulu agar tidak kecewa nantinya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah apakah calon lahan yang akan ditanami tanaman durian sudah sesuai belum dengan syarat tumbuhnya? Jika sesuai tinggal mencari bibit dan melakukan proses penanaman yang selanjutnya di ikuti dengan proses perawatan.

Apabila lahan yang kita punya tidak sesuai dengan syarat tumbuh durian montong, apa yang harus dilakukan? Cari jenis durian yang sesuai dengan kondisi lahan kita, atau membeli lahan baru yang sesuai dengan keinginan pohon durian montong.

Syarat Tumbuh Durian Montong

Syarat Tumbuh Tanaman Durian Montong
Apabila syarat tumbuh tanaman terpenuhi maka tanaman akan tumbuh dengan optimal dan produktivitas buah durian juga akan bagus. 

Iklim 
Suhu rata-rata 20-35 derajat celcius, curah hujan maksimal 3000-3500 mm/pertahun dan minimal 1500/3000 mm/pertahun. Intensitas caraha matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80%. Tanaman durian muda/kecil (baru ditanam) pada saat musim kemarau supaya dinaungi karena tidak tahan panas.

Tanah 
Tanah yang dikehendaki durian adalah tanah yang subur (kaya bahan organik), jenis tanah yang cocok adalah grumosol dan ondosol. Ciri-ciri tanah memiliki warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas berbutir, bagian bawah bergumpal dan memiliki kemampuan mengikat air tinggi. pH tanah yang sesuai antara 5-7 (optimum pada pH 6-6,5). Kandungan air di kedalaman cukup 50-150 cm. Apabila air telalu dangkal akar akan busuk dan jika terlalu dalam buah tidak manis.

Ketinggian
Durian montong cocok ditanam pada daerah/lahan di ketinggian 100 hingga 800 mdpl (meter di atas permukaan laut). Apakah dibawah 100 mdpl tetap bisa tumbuh? Bisa di toleransi pada ketinggian 50 mdpl, namun hasil buahnya tidak bisa dijamin bagus, alternatifnya sahabat bisa menanam durian  jenis musang king yang sudah terbukti dapat tumbuh optimal di dataran cukup rendah.

Baca juga :
Syarat Tumbuh Durian Musangking

Penjelasan  dan Diskusi
Sebenarnya syarat tumbuh durian pada umumnya sama, hanya saja untuk beberapa jenis durian membutuhkan syarat tumbuh yang lebih spesifik, misalnya ketinggian dan jenis tanah. Apabila kita memaksakan untuk menanam pada lingkungan yang tidak sesuai dengan syarat tumbuh, resiko hasilnya akan mengecewakan, ada baiknya kita untuk bijaksana dengan mencari jenis durian yang sesuai dengan lahan yang kita punya.