Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Tumbuh Durian Musangking

Durian musangking adalah varietas unggul yang berasal dari Malaysia, apa saja syarat tumbuh durian musangking agar dapat tumbuh optimal dan produktif? Simak penjelasannya di bawah ini :

Secara umum syarat tumbuh semua jenis durian sama, yaitu dapat tumbuh pada daerah tropis, Indonesia adalah negara tropis yang hampir seluruh wilayahnya bisa untuk budidaya durian termasuk jenis musangking. Namun pada kenyataannya tidak semua daerah tropis cocok untuk di tanam durian karena ada perbedaan kondisi lingkungan seperti ketinggian dari permukaan laut (mdpl) dari 0-1000 mdpl, suhu rata-rata dari 10- 45 derajat celcius, curha hujan, intensitas cahaya dan kedalaman lokasi air tanah di setiap daerah. 

Syarat Tumbuh Durian Musangking

Contoh daerah pesisir cenderung mdpl nya rendah, suhu rata-rata tinggi, lokasi air tanah dangkal dan curah hujan rendah sedangkan daerah dataran tinggi sebaliknya. Nah pohon durian ini lebih suka berada di tengah-tengah. Yaitu di dataran dengan ketinggian 100-600 mdpl.  

Kebun Durian Musangking Di Indonesia

Karena masih jarang penelitian spesifik tentang durian musangking terutama untuk daerah di Indoensia maka admin melakukan identifikasi kebun-kebun durian musangking di Indonesia, dan meneliti lingkungan di kebun tersebut yang meliputi ketinggian dataran. Salah satu kebun durian musangking di pulau jawa ada di Alasmalang, kec Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah. 

Ketinggian daratan Desa Alasmalang di kisaran 25-190 mdpl, adapaun sentra durian di alasmalang ada pada ketinggian 30-50 mdpl yang berarti berada digilongan dataran rendah. (Menurut wikipedia dataran rendah di golongkan dari 0-200 mdpl). 

Sedangkan pada wilayah lain yaitu di Kecamatan Candimulyo,  Mageleng, Jawa Tengah wilayah ini juga menghasilkan durian musangking yang melimpah, berada pada ketinggian 300-600 mdpl, yang berarti tergolong pada area dataran sedang dan tinggi.

Syarat Tumbuh Durian Musangking

Ketinggian yang cocok untuk durian musangking adalah 35 ssampai dengan 600 mdpl, curah hujan 2500-3500 mm/pertahun, jenis tanah grumosol dan endosol yang kaya bahan organik, suhu rata-rata 20 - 35 derajat celcius, keasaman tanah pH 6 - 6,5 dan kedalaman air tanah 50 - 200 m. Baca juga Syarat Tumbuh Durian Bawor