Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Tumbuh Durian Bawor

Syarat tumbuh durian bawor menjadi acuan sebelum menanam durian jenis ini pada lahan yang akan kita siapkan untuk budidaya, apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah maka tinggal mencari bibitnya dan di tanam, namun jika belum maka perlu perlakuan ekstra untuk lahan kita agar sesuai dengan syarat tumbuh durian bawor.

Syarat Tumbuh Durian Bawor

  1. Ketinggian yang cocok untuk ditanami durian bawor adalah daerah dengan ketinggian 100 - 800 mdpl, jika lebih rendah dan lebih tinggi, tetap bisa namun butuh perlakuan ekstra.
  2. Jenis tanah yang cocok untuk durian bawor adalah jenis gromosol dan andosol (tanah lempung berpasir, dan mengandung banyak bahan organik). Ke asaman tanah dengan pH 6,0 - 7,0 dengan air pada kedalaman cukup yaitu 50-200 cm.
  3. Intensitas cahaya yang sesuai dengan durian bawor adalah 60-80 persen
  4. Suhu rata-rata lahan untuk pertumbuhan durian bawor adalah 20 - 30 derajat celcius
Syarat Tumbuh Durian Bawor
Buah Durian Bawor Muda

Ciri-Ciri Lahan Yang Cocok Untuk Durian Bawor
Untuk mengetahui apakah lahan yang akan kita tanam sesuai dengan syarat tumbuh durian bawor adalah melihat apakah disekitar lokasi ada tanaman durian bawor yang tumbuh dengan subur dan berbuah lebat? Namun jika tidak maka bisa dilakukan pengujian dan analisis lahan secara mandiri atau menggunakan jasa para ahli. 

Durian bawor sendiri adalah varietas unggul yang berasal dari banyumas, saat ini sudah tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Beberapa contoh daerah yang memiliki kebun bawor adalah daerah Pekalongan, Blitar, Malang, Kebumen, Banten, Tasik Malaya dan lain-lain. Apabila lahan sahabat mirip dengan tempat-tempat dimana pohon durian bawor tumbuh optimal dan produktif tinggi berarti lahan sahabat cocok untuk durian bawor.

Baca Juga : 
Penyakit Durian Bawor
Ciri-Ciri Daun Durian Bawor

Keunggulan Durian Bawor
Durian bawor termasuk varietas unggul yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis lain seperti montong yaitu ukuran buah yang besar hingga 12 kg per buah, warna daging buah yang kuning ke orange, rasa buah yang manis dan harum serta tergolong lebih tahan penyakit. Jenis durian ini banyak direkomendasikan oleh petani. Semoga informasi syarat tumbuh durian bawor ini bermanfaat, sampai jumpa pada pembahasan yang lain.