Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa kerangka mobil umumnya terbuat dari besi bukan dari kayu

Jawabannya adalah karena jika menggunakan kerangka dari bahan kayu kerangka mobil akan mudah patah dan tidak tahan lama. Sedangkan jika menggunakan kerangka yang terbuat dari besi kerangka mobil akan lebih kuat serta tahan lama.

Mengapa kerangka mobil umumnya terbuat dari besi bukan dari kayu
Kayu digunakan untuk kemudi dan dasbor mobil

Penjelasan : 
Mobil adalah kendaraan yang umumnya diguanakan untuk perjalanan jauh dan cepat yang membutuhkan kerangka yang kuat agar pengendara dapat merasa aman menggunakan mobi. Besi atau logam adalah bahan yang dipilih untuk membuat mobil karena logam merupakan bahan yang kokok, kuat dan ringan.

Selain itu logam juga tahan terhadap suhu dingin atau panas, tidak mudah rusak dan lebih tahan benturan dari pada kayu. Kunggulan lain dari logam atau besi sebagai bahan kerangka mobil adalah karena mudah di bentuk dan bisa cetak sesuai keinginan. 

Sedangkan kayu untuk dapat dibentuk sebagai kerangka mobil memerlukan teknik pahat dan sambung, metode ini tergolong rumit dan bahan baku kayu terbatas. Resiko jika kerangka mobil menggunakan kayu maka umur mobil bisa dikatakan akan lebih cepat rusak, karena kayu tidak tahan panas akibat pembakaran oleh mesin, selain itu juga lemah terhadap air hujan.

Ada beberapa mobil yang didesain menggunakan bahan kayu sebagai kerangka yaitu mobil mainan, mobil pajangan dan mobil sungguhan untuk pertunjukan dan biasanya terbatas serta tidak digunakan untuk perjalanan jauh.

Kayu umumnya digunakan sebagai aksesoris mobil bukan sebagai bahan utama kerangka, misalnya kayu digunakan untuk interior mobil dan dasbor. Semoga penjelasan tentang mengapa kerangka mobil umumnya terbuat dari besi bukan dari kayu bermanfaat untuk sahabat.