Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Tanaman Leguminosa Famili Fabaceae Beserta Nama Latinnya

Tanaman leguminosa adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Fabaceae atau Leguminosae. Tanaman leguminosa memiliki ciri khas berupa biji yang terbungkus dalam polong atau kantung biji, yang biasanya terbuka saat biji sudah matang. Beberapa contoh tanaman leguminosa yang populer diantaranya kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang-kacangan, polong-polongan, dan sebagainya.

Selain sebagai sumber protein nabati, tanaman leguminosa juga memiliki kemampuan untuk mengikat nitrogen dari udara dan menyimpannya di dalam akar mereka. Hal ini membuat tanaman leguminosa sering dijadikan sebagai tanaman perintis atau tanaman penutup tanah yang dapat meningkatkan kesuburan tanah dan membantu mengurangi penggunaan pupuk nitrogen sintetis. Selain itu, tanaman leguminosa juga sering digunakan dalam rotasi tanaman untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit dan meningkatkan produktivitas pertanian secara umum.

Berikut Ini Beberapa Contoh Tanaman Leguminosa Famili Fabaceae

  1. Kacang Hijau (Vigna radiata)
  2. Kacang Tanah (Arachis hypogaea)
  3. Kacang Kapri (Pisum sativum var. saccharatum)
  4. Kacang Panjang (Vigna unguiculata subsp. sesquipedalis)
  5. Kacang Merah (Phaseolus vulgaris)
  6. Kedelai (Glycine max)
  7. Kacang Nasi (Vigna umbellata)
  8. Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris var. nanus)
  9. Kacang Polong (Pisum sativum)
  10. Kacang Koro (Canavalia ensiformis)
  11. Tanaman Lamtoro (Leucaena leucocephala)
  12. Tanaman Landep (Arachis pintoi)
  13. Tanaman Trembesi (Samanea saman)
  14. Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica)
  15. Tanaman Orok-orok (Crotalaria juncea)
  16. Tanaman Secang (Biancaea sappan)
  17. Tanaman Petai (Parkia speciosa)
  18. Tanaman Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus)
  19. Tanaman Turi (Sesbania grandiflora)
  20. Tanaman Indigofera (Indigofera tinctoria)

Semua tanaman leguminosa ini memiliki kemampuan untuk membentuk hubungan simbiotik dengan bakteri Rhizobia, yang mengambil nitrogen dari udara dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Kacang tanah (arachis hypogeae) termasuk keluarga leguminosa

Tanaman Landep (Arachis pintoi) salah satu tanaman leguminosa

Tanaman kacang kapri juga leguminosa

Oleh karena itu, tanaman leguminosa sering digunakan dalam rotasi tanaman dan tanah hijau untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi kebutuhan pupuk nitrogen sintetis. Selain itu, banyak tanaman leguminosa juga dapat digunakan sebagai bahan pangan manusia dan pakan ternak karena kandungan protein dan nutrisi yang tinggi.

Namun perlu di ketahui bahwa tidak semua tanaman diatas cocok untuk tanaman pendamping tanaman budidaya sebagai penyuplai nitrogen, sebab tanaman turi, indigofera dan trembesi adalah pohon besar yang justru dapat menjadi tanaman budidaya dalam mendapatkan cahaya matahari dan unsurhara lain di tanah. 

Beberapa tanaman yang cocok untuk tanaman pendamping sekaligus penutup tanah adalah tanaman landep, kacang tanah, kacang panjang dan kacang kedelai, kerena selain berukuran kecil juga siklus hidupnya pendek. Demikian daftar 20 contoh tanaman leguminosa famili Facaceae semoga bermanfaat.