Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Abiotik Sangat Mempengaruhi Ekosistem

Mengapa abiotik dapat sangat mempengaruhi ekosistem? untuk menjawab pertanyaan di atas  perlu dipahami terlebih dahulu apa itu abiotik dan apa itu eksistem serta bagaimana keduanya dapat berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan sebuah kehidupan. 

Bedasarkan penjelasan di wikipedia, abiotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang tidak hidup atau benda mati, contohnya air, udara, tanah, batu, cahaya, suhu, matahari dan lain-lain. 



Sedangkan pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup atau organisme dengan lingkungannya.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mengapa abiotik sangat mempengaruhi ekosistem? Oke akan saya coba jelaskan.

Sebab abiotik adalah salah satu komponen penunjang kehidupan disuatu ekosistem, dalam istilah yang lebih sederhana abiotik ini adalah lingkungan dimana banyak makhluk hidup saling ber interaksi.

Sekarang apa yang terjadi jika abiotik didalam sebuah ekositem mengalami perubahan? Misal suhu menjadi tidak normal maka makhluk hidup yang tidak toleransi dengan suhu tidak normal akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi sehingga organisme ini akan pergi dari lingkungan tersebut untuk mencari lingkungan yang sesuai dengan karakter hidupnya, sehingga apabila salah satu komponen dalam ekosistem berubah maka akan terjadi ketidak seimbangan yang dapat mempengaruhi suatu ekosistem.

Contoh ekstrim yang dapat terjadi apabila abiotik di dalam ekosistem mengalami perubahan, misal hilangnya sinar matahari dari bumi. Maka makhluk hidup tidak bisa hidup lagi di bumi, alasannya? Sebab sinar matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis (sumber energi/makanan untuk tumbuhan) sehingga tanaman mati, apabila tanaman mati hewan dan manusia tidak ada sumber makan sehingga pada akhirnya tidak dapat hidup, dan inilah contoh abiotik sangat mempengaruhi ekosistem.

Jadi intinya, mengapa abiotik sangat mempengaruhi ekosistem? Sebab abiotik dibutuhkan oleh makhluk hidup dalam suatu ekosistem untuk menunjang kehidupannya, hal ini terjadi karena ada hubungan timbal balik satu sama lain didalam suatu ekosistem. Semoga paham ya apa yang admin sampaikan, saya ucapkan terimakasih banyak untuk kunjungannya.