Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Harus Membantu Orang Tua

Alasan mengapa kita harus membantu pekerjaan orang tua, baik saat beliau lagi repot atau lagi santai adalah karena hal itu merupakan kewajiban kita sebagai anak untuk berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua kita.

Berbakti adalah wujud terimakasih kita terhadap orang tua yang telah melahirkan, merawat dan membesarkan kita.


Kewajiban seorang anak adalah berbakti terhadap kedua orang tuanya, berbakti merupakan perintah dari Allah (untuk sahabat muslim), untuk yang non muslim di kitab-kitab yang lain juga terdapat perintahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua.

Salah satu bentuk dari berbakti kepada kedua orang tua kita adalah menolong atau membantu pekerjaan orang tua kita, tujuannya untuk memperingan pekerjaan mereka dan membuat senang kedua orang tua kita.

Contoh-Contoh Membantu Pekerjaan Orang Tua
1. Membantu menjemur dan mengangkat pakaian, atau juga bisa melipat baju.
2. Saat kita sedang santai menyempatkan membantu orang tua  kita yang sedang bekerja misalnya menjaga toko, mencangkul, mencabut rumput.
3. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah misalnya mengepel lantai, mencuci piring, membantu memasak dll.

Saat membantu orang tua lakukanlah dengan senang hati dan penuh ke ikhlasan agar orang tua kita senang dan mendoakan kebaikan untuk kita.

Demikian sedikit ulasan mengapa kita harus membantu orang tua kita, semoga kita semua menjadi orang yang sholeh dan sholihah, amiin. Sekian dan sampai jumpa.