Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Koperasi Di Indonesia Tidak Semaju Badan Usaha Lainnya

Alasan mengapa koperasi di Indonesia tidak semaju badan usaha lainnya adalah karena ada beberapa faktor/kendala yang membuat koperasi di Indonesia menjadi sulit berkembang dan maju, beberapa kendala itu diantaranya adalah permodalan, sumber daya manusia dan manajerial.

Apabila koperasi di Indonesia mampu mengatasi 3 kendala diatas, maka bisa dipastikan koperasi dapat berkembang pesat dan mampu bersaing dan menguasai berbagai sektor bisnis mengalahkan badan usaha lainnya.

Contohnya di negara eropa misalnya prancis, austria, belanda dan finlandia, badan usaha perbankannya didominasi oleh koperasi bahkan yang memiliki usaha bank itu koperasi. Sedangkan di Indonesia justru badan usaha perbankan yang mayoritas sahamnya dimiliki orang kaya yang dominan.

Koperasi Di Indonesia Tidak Semaju Badan Usaha Lainnya

3 Kendala Koperasi Di Indonesia
1. Permodalan
Salah satu kendala klasik dalam badan usaha koperasi adalah permodalan, kurangnya dukungan modal yang kuat laju pertumbuhan usaha akan menjadi lamban bahkan akan kalah dengan pesaing yang memiliki modal kuat. Koperasi di Indonesia banyak yang masih kekurangan modal.

2. Sumber Daya Manusia
Modal yang kuat tidak akan banyak membantu apabila sumber daya manusia nya tidak profesional dan tidak kompeten di bidang pengelolaan koperasi. Kasus yang banyak terjadi, koperasi di Indonesia banyak yang di kelola oleh orang yang kurang bertanggung jawab dan tidak profesional, selain itu anggota juga kurang aktif membantu perkembangan koperasi.

3. Manajerial
Manajemen koperasi harus baik, agar mampu menghimpun dan memobilitasasikan berbagai sumber daya yang  diperlukan agar menjadi peluang usaha yang prospek untuk kemajuan koperasi.

Agar manajemen koperasi baik diperlukan manusia-manusia yang profesional, berpendidikan, berpengalaman agar mampu menghadapi berbagai tantangan persaingan usaha koperasi.

Faktanya banyak kasus koperasi yang dikelola dengan manajemen yang tidak profesional sehingga koperasi-koperasi banyak disalahgunakan oleh pengurus untuk memperkaya diri sendiri dengan korupsi dana bantuan dari pemerintah.

Apabila koperasi di Indonesia di kelola dengan baik, bukan tidak mungkin koperasilah yang akan menguasai berbagai bidang usaha di Indonesia mengalahkan badan usaha lainnya seperti yang terjadi di negara, negara eropa.

Demikian ulasan tentang mengapa koperasi di Indonesia tidak semaju badan usaha lainnya, semoga memberikan manfaat untuk para pembaca, sekian dan terimakasih.