Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Saat Kita Menangis Hidung Kita Ikut Basah Juga

Saat kita menangis mengapa hidung juga ikut basah ya? Dilansir dari Today I Found Out pemicu munculnya ingus saat kita menangis adalah karena kelenjar air mata tidak hanya keluar melalui mata, tetapi juga kelar melalui saluran yang terhubung ke daerah hidung.

Jadi begini, kelenjar mata kan lokasinya ada sekitar mata kita, saat kita menangis kelenjar air mata ini keluar melalui dua saluran, yang pertama keluar dari sela-sela mata kita yang disebut dengan air mata dan yang kedua masuk ke hidung melalui saluran nasolacrimal sehingga meler deh hidung kita.


Air mata saat masuk kedalam hidung tercampur dengan ingus sehingga air yang keluar dari hidung lebih kental dibandingkan air mata yang keluar dari sela-sela mata kita.

Namun perlu diketahui juga bahwa kejadian ini adalah normal dan bukan merupakan semacam gejala kesehatan. Pada beberapa orang saat menangis hidung mereka tidak basah, hal ini terjadi karena kadar mata yang lebih kering sehingga tidak ada air yang menuju saluran nasolacrimal.

Kalau admin sendiri saat nangis ya kadang juga keluar ingus, kadang juga tidak, tergantung nangisnya biasa aja atau nangis banget. Bagaimana dengan sahabat pembaca, apakah juga mengalami hal yang sama?

Demikian sedikit penjelasan mengapa saat kita sedang menangis hidung kita ikut basah, semoga penjelasan di atas memberikan manfaat dan wawasan baru untuk sahabat pembaca. Sekian dan terimakasih.