Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Suhu Di Malang Dingin?

Mungkin sahabat ada yang pernah ke malang dan merasakan dinginnya suhu di malang, kira-kira apa ya yang menyebabkan di malang suhunya dingin?

Jawabannya adalah karena malang merupakan daerah di dataran tinggi sekitar 400-600 meter di atas permukaan laut. Lalu apa hubungannya dataran tinggi dengan suhu yang dingin?

Begini, umumnya yang kita tahu daerah yang lokasinya tinggi memiliki suhu yang dingin misalnya, di puncak bogor, tawangmangu surakarta, puncak bromo dan lainnya.

Mengapa Suhu Di Malang Dingin?

Teori Penyebab Suhu Di Malang Dingin
Menurut para ahli penyebab dataran tinggi memiliki suhu lebih dingin karena tekanan udara di pegunungan lebih rendah dari pada di dataran rendah seperti pesisir.

Tekanan udara yang tinggi akan menghasilkan panas lebih banyak dari pada tekanan udara yang rendah. Bagaimana tekanan udara menghasilkan panas yang lebih banyak?

Tekanan udara yang tinggi akibat kerapatan molekul udara sehingga karena rapatnya molekul udara akan menghasilkan gesekan yang menimbulkan panas. Di dataran tinggi dengan tekanan udara rendah molekul udaranya lebih renggang sehingga minim gesekan sehingga panas yang dihasilkan juga rendah.

Karena di malang lokasinya berada di dataran tinggi maka tekanan udara disana juga rendah sehingga suhunya terasa lebih dingin dibandingkan di daerah dataran rendah.

Jadi kurang lebih seperti itu penjelasan mengapa suhu di Malang dingin khususnya di Kota Batu, Pujon dan Cangar. Semoga penjelasan di atas memberikan manfaat dan wawasan kepada para pembaca, terimakasih dan sampai jumpa.