Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Pekerjaan Marketing dan Ngapain Aja? Ini Penjelasan Singkatnya

Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah, apalagi dengan tanpa skill dan history pendidikan yang tidak terlalu bagus membuat banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Sulit bukan berarti tidak bisa mendapatkan pekerjaan, salah satu pekerjaan yang cukup mudah dicari adalah sebagai marketing. Namun kenyataannya banyak orang yang belum tau seperti apa pekerjaan seorang marketing dan harus ngapain?

Pekerjaan seorang marketing adalah memperkenalkan, mengedukasi dan memasarkan produk baik barang atau jasa kepada sebanyak-banyaknya konsumen agar produk atau jasa banyak mengalami penjualan.

Intinya....
Pekerjaan seorang marketing itu menjual produk atau jasa dengan menyebarkan informasi produk kebanyak orang/perusahaan.

Macam-Macam Pekerjaan Marketing 


Marketing Properti
Tugas dari seorang marketing properti adalah menjual produk-produk properti seperti tanah kavling, ruko, perumahan dan apartment. Caranya dengan menyebarkan informasi tentang produk yang dijual oleh perusahaan dimana mereka bekerja kepada banyak orang yang membutuhkan properti.

Selain menyampaikan informasi produk, seorang marketing properti harus mampu menjelaskan keunggulan properti yang mereka jual dan keuntungan apa yang akan diperoleh oleh calon konsumen.

Menyebarkan informasi bisa melalui brosur, banner atau iklan melalui online dan offline.

Marketing Produk Makanan dan Minuman
Marketing produk makanan dan minuman biasanya juga di sebut sebagai sales, tugas mereka adalah memasarkan produk makanan yang dibuat oleh perusahaan ke banyak konsumen, biasanya cara kerja mereka adalah mencari toko-toko ritel untuk menawarkan produk perusahaan dimana mereka bekerja.

Apabila toko ritel mau menerima penawaran seorang marketing maka marketing akan menjual produk perusahaan kepada pemilik toko dengan harga grosir dan selanjutnya toko ritel menjual kembali produk makanan dan minuman tersebut.

Marketing Finance
Kalau sahabat hendak melamar pekerjaan sebagai marketing finance maka harus paham tugas seorang marketing finance. Tugasnya yaitu memasarkan produk pembiayaan semisal mencari orang yang mau membeli produk dengan skema pembayaran secara kredit (disebut sebagai nasabah).

Ngapain aja selain cari nasabah? Membantu proses aplikasi pembiayaan serta melakukan survey kelayakan konsumen dan membina hubungan baik dengan perusahaan terkait.

Berapa Gaji Seorang Marketing?
Gaji seorang marketing berbeda-beda, tergantung dimana dia bekerja, jabatan dan kebijakan perusahaan. Umumnya gaji pokok seorang marketing itu kecil, tetapi mereka akan mendapatkan komisi yang besar dari setiap penjualan mereka.

Jangan salah, gaji seorang marketing jika di kombinasi dengan komisi penjualan mereka, nilainya bisa mengalahkan gaji seorang PNS loh, 5 juta hingga puluhan bahkan ratusan juta juga dapat mereka peroleh.

Walaupun demikian, menjadi seorang marketing bukan pekerjaan yang mudah, butuh jam terbang dan pengalaman yang tinggi untuk dapat menjual produk perusahaan dalam jumlah yang banyak agar komisi yang diperoleh semakin besar.

Bagaimana, apakah sahabat tertarik menjadi seorang marketing? Jika iya, maka jangan ragu untuk segera melamar kerja di perusahaan yang telah sahabat pilih. Saran admin jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.