Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pohon Pisang Hanya Berbuah Sekali?

Alasan mengapa pohon pisang hanya dapat berbuah sekali setelah itu akan mati karena pohon pisang ketika sudah berbuah pohon pisang telah mencapai pertumbuhan yang maksimal, jika kita perhatikan struktur dari batang pisang maka akan kita lihat bahwa batang pisang terdiri dari batang semu (pelepah pisang yang tersusun secara rapat menutupi batang sejati), batang sejati ini akan muncul kepermukaan menjadi buah pisang ketika sudah mencapai pertumbuhan maksimal. 

Kenapa Pohon Pisang Hanya Berbuah Sekali

Sebab pisang hanya memiliki satu batang sejati, maka ketika pohon pisang berbuah tanaman mengalami stak pertumbuhan (berhenti untuk tumbuh) yang artinya masuk pada tahap kematian. Kehidupan pohon pisang dilanjutkan oleh anakan pisang yang tumbuh disekitar pohon induk.

Karena pohon pisang hanya dapat berbuah satu kali dalam siklus hidupnya maka pohon pisang tergolong dalam jenis tanaman semusim atau tanaman tahunan. 

Demikian penjelasan tentang penyebab tanaman pisang hanya berbuah satu kali dalam siklus hidupnya. Semoga tulisan ini ada manfaat untuk pembaca.