Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Contoh Makanan Awetan Dari Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Namun saat musim panen buah pisang sangat melimpah sehingga perlu di olah menjadi makanan yang di awetkan, berikut ini beberapa contoh makanan awetan dari pisang :

Makanan Awetan Dari Pisang

1. Sale Pisang

Sale pisang tergolong makanan olahan pisang yang sangat awet di simpan dalam waktu yang lama hingga berbuka-bulan. Cara membuat sale Pisang juga mudah yaitu dengan mengurus tipis buah pisang kemudian di jemur hingga kering, selanjutnya tinggal di simpan dalam toples.

2. Kripik Pisang

Nah mungkin ada yg bingung apakah kripik dan sale Pisang itu sama? Jawabannya tidak, karena proses pembuatannya berbeda. Sale di buat dengan cara mengurus pisang kemudian di jemur, sedangkan kripik dibuat dengan cara mengiris pisang kemudian direndam  dengan air kapur kemudian di goreng. Dalam penyimpanan yang baik, kripik singkong dapat awet selama beberapa bulan. 

3. Selai Pisang

Makanan yang satu ini juga awet hingga tiga bulan loh, apalagi jika disimpan dalam kulkas. Membuat selai Pisang juga sangat mudah yaitu dengan memotong buah pisang kecil-kecil kemudian di ulek dan di goreng tanpa minyak, tambahkan gula dan perasan air lemon, setelah dirasa sudah kental tiriskan dan simpan di tiples. 

4. Es-krim Pisang

Es krim pisang juga makanan olahan yang awet jika disimpan dalam kulkas, ada beberapa versi eskrim pisang, ada yang diblender dan ada juga buah pisang utuh (es krim pisang coklat)

es krim pisang

5. Bolu / Roti Pisang

Nah kalau makanan yang satu ini, pisang berperan sebagai pelengkap alias bahan tambahan dalam adonan roti, makanan ini juga awet disimpan dalam penyimpanan yang tepat.

6. Getuk Pisang

Buah pisang bisa diolah menjadi getuk pisang, namun olahan makanan dari pisang ini hanya bisa awet dalam beberap hari saja, dan menjadi lebih lama jika di simpan dalam lemari es/kulkas.

Baca juga : Kenapa pohon pisang hanya dapat berbuah satu kali saja

Itulah beberapa contoh makanan awetan dari bahan pisang, semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman, jika ada makanan lain yang belum admin sampaikan bisa ditambahkan melalui komentar.