Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Pohon Alpukat Dari Biji Cepat Berbuah

Barangkali ada yang tanya, gimana caranya agar pohon alpukat dari biji cepat berbuah, jadi admin putuskan untuk membuat artikel ini. Ada beberapa faktor agar pohon alpukat dapat segera berbuah, salah satunya adalah peawatan yang baik meliputi pemupukan, penyiraman dan sanitasi kebun.

Bisa juga dengan memberikan stimulasi/ hormon yang dapat memicu pembungaan agar tanaman segera muncul bunga dan kemudian dari bunga akan menjadi buah bila tidak rontok.


Pohon alpukat yang ditanam dari biji akan sangat lama untuk bisa segera berbuah, antara 6-10 tahun setelah tanam. Hal ini terjadi mengingat karena tanaman dari biji memiliki sel yang masih muda, dalam bahasa gaulnya belum mencapai dewasa walalupun ukuran pohonnya besar.

Berbeda halnya dengan pohon alpukat yang dari hasil sambung pucuk atau stek yang cenderung akan lebih cepat berbuah.

Tips Membuat Pohon Alpukat Dari Biji Cepat Berbuah

1. Pemupukan
berilah pupuk npk setiap satu bulan sekali agar kecukupan nutrisi tanaman terpenuhi, dengan nutrisi yang cukup maka tanaman akan dapat tumbuh dan segera berbuah secara maksimal. Dosis  5 gram pertanaman.

2. Sanitasi
Selalu besihkan kebun atau sekitar pohon alpukat dari gulma atau tanaman penganggu, tujuannya agar berebut nutrisi sehingga tanaman alpukat tidak kehilangan unsur hara dimedia tanamnya.

3. Memberi hormon/pemicu
Agar cepat munculnya bunga sobat bisa memberikan hormon pembungaan, bisa juga dengan cara alami seperti stres air dan pemangkasan.

4. Sambung sisip
Untuk mempercepat tanaman alpukat dari biji cepat berbuah yaitu dengan cara mensisipkan tanaman alpukat yang sudah berbuah ke batang pohon alpukat dari biji. Cara ini akan membantu mempercepat munculnya bunga karena ada batang yang sudah cukup tua pada tanaman alpukat.

Semoga bermanfaat dan terimkasih sudah membaca artikel yang berjudul cara agar pohon alpukat dari biji cepat berbuah. Sampai jumpa.