Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pohon Cendana Sangat Mahal

Pohon cendana adalah salah satu pohon yang bernilai tinggi, harganya sangat mahal dan banyak orang menyukai pohon ini. Produk dari tumbuhan ini adalah minyak cendana dan cinderamata yang terbuat dari kayu cenda.

Pertanyaan muncul dari seseorang mengenai alasan mengapa pohon cendana begitu mahal? Bahkan ada 1 pohon cendana yang terjual dengan harga ratusan juta rupiah.

Bila ditinjau berdasarkan ilmu ekonomi, suatu produk akan sangat mahal apabila jumlah suatu produk sedikit namun permintaan sangat tinggi.


Sama halnya dengan kasus ini, pohon cendana jumlahnya sangat terbatas tetapi permintaan pasar sangat tinggi bahkan ada yang siap membayar mahal jika produknya sesuai dengan kreteria konsumen.

Hal yang menyebabkan kayu cendana terbatas ketersediaanya adalah karena tumbuhan cendana sulit untuk dibudidayakan (dikembangbiakkan) sehingga peningkatan populasinya sangat sedikit bahkan terancam punah karena selalu ditebang, sedangkan kebutuhan produk pohon cendana masih tinggi di pasaran.

Produk Pohon Cendana Memiliki Nilai Yang Tinggi
Penyebab mahalnya pohon cendana karena produk olahannya juga berniali tinggi, minyak cendana dijual sangat mahal dan produk kerajinan dari kayu cendana juga sangat mahal. Oleh sebab itu bahan bakunya juga ikut mahal.


Karakter dari produk kayu cendana memiliki bau yang harum dan wangi sehingga banyak orang menyukai kayu cendana. Jadi itu alasannya menga pohon cendana sangat mahal. Semoga penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan sobat, terimakasih dan sampai jumpa.